Seteru Saudara Lama, Babel Wajib Menang!

PANGKALPINANG- Laga seru akan tersaji di Grup B hari ini, Rabu (18/11), di Stadion Depati Amir Pangkalpinang. Di partai pamungkas, Laga antara tim sepakbola Bangka Belitung  (Babel) melawan Sumatera Selatan (Sumsel) diprediksi akan berlangsung sengit.  Babel hanya membutuhkan hasil seri melawan Sumsel untuk memastikan diri sebagai juara grup B.  Sementara PS Sumsel yang berada di posisi runner up diprediksi akan mati-matian meraih kemenangan untuk merebut puncak klasemen dari tangan Babel.

Kegagalan Tim Sepakbola Sumatera Selatan (Sumsel) merebut poin sempurna saat bersua Lampung dilaga kedua Senin (16/11), membuat  Laskar Wong Kito, was-was karena hanya mampu bertengger di posisi kedua klasemen sementara dengan raihan 4 poin, masih mungkin terkejar Lampung. Sedangkan posisi Babel yang berada dipuncak klasemen dengan mengoleksi 6 poin. 

Kendati demikian, Babel diprediksi tidak akan membiarkan kemenangan bagi Sumsel, karena juara grup haruslah diraih jika ingin ke babak final.  Karena untuk bisa ke final, haruslah juara grup.  Dengan demikian pertandingan puncak memperebutkan emas, hanya oleh juara Grup A melawan Juara Grup B.  Tim yang menjadi runner up grup, harus puas memperebutkan medali perunggu atau tempat ketiga saja.

Tim Sumsel sendiri untuk lolos sebagai juara Grup harus juga menang melawan Babel.   Jika kalah maka runner up akan diambil Lampung.   Sementara Lampung diwajibkan menang telak setidaknya 4-0 atas Jambi, untuk merebut posisi kedua. Namun Lampung juga berpeluang menang dengan skor tipis, 1-0 atau 2-0, jika disaat bersamaan Sumsel kalah dengan skor telak setidaknya 3-0.

Pelatih Kesebelasan Babel, Lapril menegaskan dirinya tidak akan mengubah sistem permainan apalagi hanya akan mengincar hasil imbang melawan Sumsel. "Saya tidak akan mengambil resiko, tidak ada istilah draw tapi harus menang," tegasnya kepada wartawan, Senin (15/11) lalu.

Dengan strategi menyerang, lanjut Lapril anak asuhnya di barisan penyerang tidak menggulangi kesalahan yang sama soal finishing touch ( sentuhan akhir) dan dapat memanfaatkan peluang semaksimal mungkin. " Kita gembira kesempatan kita terbuka lebar, dimana Sumsel hanya draw lawan Lampung. Tapi saya tidak mau melihat anak-anak membuang peluang seperti pertama bermain, namun hari ini masih saja banyak peluang yang dibuang begitu saja, seharusnya kita bisa lebih banyak buat gol itu yang akan kami perbaiki. Harapan kita Babel lolos PON 2016, untuk itu mohon doa retu kepada masyarakat Babel," harapnya.

Namun ia memahami jika Sumsel akan merepotkan timnya untuk merebut posisi teratas sebagai juara grup. " Tidak ada strategi khusus. Sumsel tim yang solid dan saya rasa memang tim yang terkuat di grup ini. Tapi itu akan menjadi motivasi kita walaupun tidak mudah," pungkasnya. (Fiz)

 

Perkiraan Skuad Kesebelasan Babel :

Formasi Pemain : 4-5-1
Penjaga Gawang (20) Faisal Fahri
Belakang (2) Fadau
Belakang (12) Agusman
Belakang (4) Ari Ariyandika
Belakang (3) Rond Alpera
Tengah (19) Handri
Tengah (13) Rio Hardiyawan
Tengah (17) Dean Nurhasi
Tengah (18) Sandi Pratama
Tengah (8) Eka Dwi Susanto
Depan (16) Arif Samudra

Cadangan :

Penjaga Gawang (21) Nur Rahman
Belakang (6) Guntur
Belakang (5) Andi Saputra
Tengah (9) Dicky eraldi
Depan (15) Randi Yono
Depan (14) Boni Tusta

Sumber: 
PB Porwil
Penulis: 
Fiz