Siap-siap ! Pendaftaran CPNS Babel 25-29 Agustus 2014

Pangkalpinang – Masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang selama ini sudah tak sabar menanti waktu dibukanya pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)/ Calon Aparatur Sipil Negara (CASN), mulai sekarang boleh mempersiapkan diri. Sebab, direncanakan pengumuman formasi CPNS di Provinsi Babel akan diumumkan pada 11 hingga 24 Agustus 2014 mendatang.
 
Sementara untuk pendaftaran CPNS/CSAN secara online pada 25 – 29 Agustus 2014, sedangkan untuk pelaksanaan seleksi CPNS (TKD dan TKB bagi instansi yang menyelenggarakan) dimulai pada1 September 2014. Jadwal tersebut masih sewaktu-waktu dapat berubah.
 
Hal tersebut berdasarkan rapat koordinasi (Rakor) Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Babel bersama 7 BKD Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Babel Jum’at (18/7/2014), di ruang rapat Sekretaris Daerah lantai II Kantor Gubernur Babel, terkait persiapan Seleksi CPNS / CASN tahun 2014 dan seleksi penerimaan Capra Intitut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) tahun ajaran 2014/2015, yang dipimpin langsung oleh Kepala BKD Babel, Haryoso, SH, di damping Kabid Pengembangan BKD Babel Mohammad Iqbalsyah, SE, Kabid Data dan Informasi BKD Babel Drs. Wahyono.
 
Kata Haryoso, persyaratan administrasi seperti SKCK, Kartu Kuning, Surat Keterangan Sehat tidak diperlukan saat melakukan registrasi awal. Melakukan registrasi awal diportal hanya diperlukan nama lengkap, NIK, tanggal lahir, pilihan instansi dan alamat email.Sedangkan materi tes CPNS 2014 ini yaitu Tes Kompetensi Dasar (TKD) wajib dilakukan dan Tes Kompetensi Bidang (TKB) dimana tes ini bisa tidak dilakukan, disesuaikan dengan kebutuhan jabatan.
 
Haryoso menjelaskan, tujuan dari rakor ini adalah untuk menyamakan persepsi tentang persyaratan bagi pelamar yang ingin mengabdi di Pemerintah Provinsi Babel maupun di Pemerintah Kabupaten/Kota, agar tidak menimbulkan kebingungan masyarakat dikarenakan perbedaan persyaratan seleksi calon ASN tersebut.
Seperti diketahui bahwa sesuai dengan arahan dari Kementerian PAN&RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) bahwa system seleksi calon ASN tahun 2014 ini wajib menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).
 
Haryoso juga menginformasikan, saat ini Pemprov Babel sudah siap untuk melaksanakan seleksi dengan sistem CAT, dimana provinsi sudah melakukan pengadaan sebanyak 110 komputer. Dalam pelaksanaannya nanti akan dilakukan test sebanyak 4 sesi seleksi dalam sehari. Jadi, diperkirakan dalam 4 sesi tersebut akan diikuti sebanyak 400 orang peserta yang akan mengikuti test setiap harinya.
 
Selain itu, Haryoso menerangkan, untuk pelaksanaannya nanti BKD Provinsi maupun BKD Kabupaten/Kota akan berkoordinasi langsung dengan BKN, karena BKN yang mengatur jadwal pelaksanaan seleksi, dan pada hari pelaksanaannya nanti BKN akan menugaskan BKN Regional VII Palembang untukmengawasi secara langsung pelaksanaan seleksi tersebut. “Kepada BKD Kabupaten/Kota sebelum melaksanakan seleksi calon ASN dengan menggunakan sistem CAT ini, agar kiranya terlebih dahulu melakukan ujicoba terhadap peralatan komputer CAT yang telah ada. Hal ini dipandang perlu dilakukan untuk mencegah terjadi trouble pada peralatan komputer CAT saat pelaksanaan seleksi nantinya,” papar Haryoso.
 
Lebihlanjut Haryoso mengatakan, pemerintah menetapkan system single entry atau sistem yang terintegrasi secara online dalam pelaksanaan pendaftaran seleksi ASN, khususnya CPNS formasi tahun 2014. Penegasan penetapan system tertuang dalam Surat Menteri PANRB nomor B/2645/M.PAN-RB/07/2014  tanggal 3 Juli 2014, tentang Kebijakan Pengadaan Formasi ASN tahun 2014.
 
Surat tersebut merupakan tindaklanjut dari Surat Menteri PANRB nomor B/2550/M.PAN-RB/06/2014 tanggal 20 Juni 2014 perihal Tambahan Alokasi Formasi ASN. Disebutkan, Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) pusat dan daerah harus menggunakan aplikasi pendaftaran CPNS secara online yang dimiliki Badan Kepegawaian Negara (BKN), yaitu http://sscn.bkn.go.id. (wv/ah/BKD Babel).

Sumber: 
BKD Babel
Penulis: 
wv/ah/BKD Babel
Fotografer: 
wv/ah/BKD Babel
Editor: 
ErMaNiX