Skrining Hipotiroid Kongenital, Dinkes Babel Gandeng RSCM

PANGKALPINANG - Dalam upaya menyediakan pelayanan skrining hipotiroid kongenital, Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggandeng Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta untuk bekerja sama.

"Laboratorium RSCM telah terstandarisasi untuk skrining hipotiroid kongenital. Hasilnya akurat dan terpercaya," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulyono Susanto di kantornya Jumat (16/3).

Mulyono menjelaskan, hipotiroid kongenital merupakan kelainan pada kelenjar tiroid sejak lahir. "Kunci keberhasilan pengobatannya, deteksi dini melalui pemeriksaan laboratorium dan pengobatan sebelum anak berumur satu bulan," tukas Mulyono.

Menurut Mulyono, skrining atau uji saring saat bayi baru berumur beberapa hari sebaiknya dilakukan agar kelainan kongenital pada bayi dapat dideteksi secara dini. "Jika ditemukan, intervensi dapat segera dilakukan guna meminimalkan dampaknya," tutur Mulyono.

Pada kasus keterlambatan penemuan dan pengobatan, ungkap Mulyono, anak akan mengalami keterbelakangan mental dengan IQ di bawah 70. "Hal ini akan berdampak serius pada masalah sosial anak. Selain tidak mampu beradaptasi di sekolah formal, ia akan menjadi beban ganda keluarga. Bahkan, negara mengalami kerugian karena jumlah dan kualitas sumber daya manusia berkurang," imbuhnya.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Babel, Bahuri, menjelaskan bahwa hipotiroid kongenital sendiri sangat jarang memperlihatkan gejala klinis pada awal kehidupan. "Peran laboratorium diperlukan dalam penegakan diagnosis," tuturnya.

Lebih lanjut, Bahuri mengatakan pada tahun 2016 dan 2017, Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah menskrining 1100 bayi baru lahir. Hasilnya, negatif hipotiroid kongenital dan satu bayi dilakukan tes konfirmasi ulang.

"Untuk tahun 2018, jumlah sasaran skrining hipotiroid kongenital pada bayi baru lahir akan ditingkatkan menjadi 4.400 sampel dengan sumber dana dari APBD dan APBN," jelasnya.

"Untuk mendukung pemeriksaan kesehatan yang terorientasi skrining hipotiroid kongenital, tenaga kesehatan di rumah sakit umum daerah dan seluruh puskesmas di kabupaten/kota di Babel akan dilibatkan," pungkasnya.

 

 

 

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Adinda (Pranata Humas Dinkes Babel)
Fotografer: 
Nila
Editor: 
Irwanto