Sofia Picaulima Meraih Predikat Terbaik

Pangkalpinang – Sofia Picaulima pegawai Disperindagkop dan UMKM Kota Pangkalpinang berhasil meraih predikat sebagai peserta terbaik Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan XXIII, di Graha Natar Praja, Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Sedangkan posisi kedua ditempati Meirina Karulin Duwiva pegawai Kantor Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka.

Sementara Popy Aprilina pegawai UPTD Puskesmas Tanjung Binga Kabupaten Belitung menyusul diposisi ketiga, kemudian diikuti Ineu Indriasari dari Inspektorat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Sedangkan peringkat kelima disandang Muhammad Iqbal pegawai Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pengumuman peringkat peserta terbaik tersebut secara langsung dilakukan Hendra Kusumajaya Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (12/8/2016). Ia mengharap, peserta dapat membentuk figur aparatur pemerintah yang cerdas, terampil, jujur dan bersih serta sadar tanggung jawab sebagai abdi negara dan masyarakat.

“Sebagai unsur sumber daya manusia aparatur negara, mempunyai peranan menentukan keberhasilan pembangunan di segala bidang. Karena tujuan diklat ini untuk mengembangkan pengetahuan, keahlian, kemampuan maupun keterampilan. Sekaligus dapat membentuk dan mengembangkan sikap dan kepribadian sesuai persyaratan pejabat struktural,” jelasnya.

Sebagaimana dilansir sebelumnya, Diklat PIM Tingkat IV Angkatan XXIII telah dimulai tanggal 18 April lalu dan berakhir 12 Agustus 2016 ini. Sebanyak 40 peserta mengikuti kegiatan ini dengan rincian, delapan orang dari lingkungan pemerintah provinsi, sepuluh peserta dari Kabupaten Bangka dan masing-masing tiga peserta dari Kabupaten Belitung dan Kabupaten Bangka Barat. Sedangkan 16 peserta lainnya dari Kota Pangkalpinang.

Pejabat struktural eselon IV harus memiliki kompetensi yang sesuai dengan persyaratan jabatan. Ia menambahkan, diklat ini membentuk kompetensi kepemimpinan operasional dan membentuk pemimpin perubahan pada pejabat struktural eselon IV. Pejabat tersebut berperan melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansi masing-masing. Sebagai calon pemimpin hendaknya dapat menunjukkan kompetensi, profesionalisme dan akuntabilitas.

“Ini dikarenakan tuntutan perubahan paradigma masyarakat seiring pemberian otonomi pengelolaan pemerintah yang baik. Aparatur dapat melihat itu sebagai peluang untuk memberikan sentuhan kultural dalam bingkai budaya kerja yang baik, demi terciptanya tatanan pemerintahan bersih,” jelasnya.  

Sumber: 
Diskominfo Babel
Penulis: 
Yovis
Fotografer: 
Putri Sri Nuriza
Editor: 
Huzari | Adi Tri Saputra