Sosialisasi Dana Hibah, Pj. Sekda Ingatkan Perlunya Pelaporan dan Pertanggungjawaban

PANGKALPINANG -Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, yang diwakili Penjabat Sekretaris Daerah (Pj. Sekda), Yulizar Adnan, membuka kegiatan Sosialisasi Proses Pencairan Dana Hibah Tahun Anggaran 2020 di Gedung Mahligai Serumpun Sebalai, Rumah Dinas Gubernur, Rabu (29/1/2020).

Pada kesempatan tersebut, Pj. Sekda, Yulizar Adnan menyampaikan beberapa arahan kepada seluruh penerima hibah agar saat pencairan nanti, dapat tertib administrasi, akuntabilitasi, dan transparansi, serta dipergunakan sesuai dengan proposal yang telah sampai dan terverifikasi. 

Selain itu, seluruh aturan dan tahapan juga harus diikuti oleh setiap penerima dana hibah sesuai dengan peraturan yang berlaku. 

Hal itu disampaikan Pj. Sekda, Yulizar Adnan, agar dalam pelaksanaannya nanti, dana hibah dapat berjalan dengan lancar dan tidak mengalami kesulitan. 

Sesuai pengalaman sebelumnya, beliau mengingatkan bahwa sesungguhnya penerima hibah tidak pernah berniat menyelewengkan dana. Hal ini disebabkan karena minimnya informasi di masyarakat tentang bagaimana cara melaporkan dan mempertanggungjawabkan, sehingga dianggap bersalah karena tidak melengkapi persyaratan yang ada.

Oleh karena itu, penting mengingatkan penerima hibah untuk melaporkan dan mempertanggungjawabkan dana hibah. Dokumentasi berupa foto juga diperlukan sebagai bukti pelaporan perkembangan, khususnya bagi pembangunan fisik. Apabila pembangunan belum selesai pada akhir tahun nanti, bisa dilanjutkan di tahun berikutnya dengan memberikan laporan kepada pihak terkait. Namun, pengerjaannya harus sesuai dengan rencana awal dan jika di akhir pengerjaan masih terdapat sisa dana maka harus dikembalikan.

Pj. Sekda Babel, Yulizar Adnan juga mengingatkan tim monitoring dari pemerintah provinsi untuk mengawasi pelaksanaan penggunaan dana hibah/bansos ini. Harap secepatnya melaporkan jika terjadi kendala.

Di penghujung sambutannya, beliau berharap apa yang dilaksanakan ini berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi masyarakat dan mendapat barokah dari Allah Swt.

Pada kesempatan tersebut, para penerima dana hibah/bansos juga mendapat penjelasan dari Biro Kesra dan Inspektorat Pemprov Bangka Belitung.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Umar
Editor: 
Uki