Stadion BTP Sudah Layak Menggelar Porwil

Belitung Timur – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung gencar mempersiapkan tempat pelaksanaan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) IX se Sumatera. Rencananya pelaksanaan kegiatan tersebut dimulai 9 hingga 21 September, dipusatkan pada tiga daerah di antaranya Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka dan Belitung Timur.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Gubernur meresmikan pencanangan Taman Bacaan di Pulau Buku Limau, Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Kamis (12/3/2015). Karena ingin meninjau persiapan tempat pelaksanaan Porwil, rombongan melanjutkan perjalanan menyeberang menuju daratan Manggar.

Cuaca buruk saat itu tak menyurutkan semangat rombongan melakukan penyeberangan, bahkan Gubernur menyempatkan diri mengemudi kapal dari Pulau Buku Limau menuju Manggar. Akibat hantaman ombak, tak sedikit penumpang kapal penyeberangan mengalami mabuk laut.

Pelaksanaan Porwil IX sengaja dimulai tanggal 9 September, pasalnya tanggal tersebut bertepatan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas). Gubernur mengatakan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah menyatakan siap melaksanakan Porwil IX se Sumatera 2015. Tentunya guna menyukseskan kegiatan ini, diperlukan koordinasi bersama pemerintah kabupaten/kota.

“Setelah melihat beberapa venue (tempat-red) di sini, sudah cukup memenuhi syarat. Kalau dari segi infrastruktur sudah cukup bagus, pembangunannya sudah menuju ajang nasional. Tetapi untuk menentukan persoalan ini tetap harus ada keputusan bersama,” kata Gubernur saat berada di Stadion Belitung Timur Pelangi (BTP), Kamis (12/3/2015) .

Selain bangga dipercaya sebagai tuan rumah pelaksanaan Porwil, Gubernur juga mengungkapkan kebanggan atas banyaknya atlet yang akan bertanding. Pasalnya cukup banyak cabang olahraga diperlombakan. Terdapat empat sukses diharapkan dalam pelaksanaan Porwil yaitu, sukses penyelenggaraan kegiatan, sukses pemberdayaan masyarakat, sukses prestasi dan sukses administrasi.

Atlet Bangka Belitung mempunyai banyak potensi untuk menyumbangkan prestasi. Ia menjelaskan, adapun cabang olahraga yang menjadi andal yaitu panjat tebing. Pada cabang olahraga ini, atlet Bangka Belitung bisa merebut juara satu. Sementara ini, Sumatera Selatan masih menjadi pesaing Bangka Belitung dalam perolehan medali.

“Saat Porwil VIII Bangka Belitung mendapat juara dua. Bagi atlet yang berprestasi pada Porwil kali ini akan mendapat bonus,” tegasnya.

Sebanyak sebelas cabang olahraga dipertandingkan dalam Porwil IX. Cabang olahraga tersebut di antaranya, atletik, renang, sepak bola, basket, bulutangkis, sepak takrau, pencak silat, catur, bilyard, panjat tebing dan tinju. Sejumlah cabang olahraga ini menampilkan 177 nomor lomba. Terdapat 172 medali emas, 172 perak, 229 perunggu bakal diperebutkan atlet.

“Mengenai tempat pembukaan Porwil belum pasti, bisa di Pangkalpinang bisa juga di Belitung Timur,” ungkapnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Suci Lestari
Fotografer: 
Fajrina
Editor: 
Huzari