Sukses Pornas XV Korpri 2019, Korpri Babel Ramaikan Aksi Donor Darah

Pangkalpinang - Pornas XV Korpri 2019 di Pangkalpinang tidak hanya sukses diselenggarakan, tapi juga merupakan Pornas Korpri terbaik, dengan peserta terbanyak dan cabang olahraga terbanyak.

Demikian disampaikan Ketua Korpri Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Korpri Babel), Yan Megawandi pada kegiatan donor darah dalam rangka HUT ke-48 Korpri dan Hari Bhakti PU ke-74, di selasar Kantor Gubernur Babel, Air Itam, Pangkalpinang, Senin (2/12).

Yan juga menyampaikan bahwa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memperoleh penghargaan Korpri Award 2019.

“Pak Gubernur mendapatkan atensi khusus pada saat menghadiri HUT Korpri Nasional dan mendapatkam Korpri Award dari pengurus Korpri Pusat,” ucap Yan.

Penghargaan Korpri Award 2019 diberikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Menpan RB RI), Tjahjo Kumolo kepada Gubernur Babel, Erzaldi Rosman di ICE BSD, Tangerang, Kamis (29/11) lalu.

Kembali dikatakan Yan, bahwa Korpri Babel ingin memberikan manfaat lebih bagi masyarakat.

“Sebagai salah satu rangkaian acara, melalui aksi donor darah ini, kita ingin agar Korpri dapat memberikan lebih banyak manfaat bagi masyarakat. Tidak hanya itu saja, Sabtu nanti juga akan ada bazar dan senam,” katanya.

Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Babel, Yulizar Adnan yang juga berpartisipasi dalam aksi donor darah menghimbau untuk mendonorkan darah.

“Kita menghimbau bagi kawan-kawan yang bisa mendonorkan darahnya untuk dapat menjadi pendonor. Agar persediaan darah di PMI cukup dan dapat membantu mereka yang membutuhkan. Semoga Korpri tetap jaya!” kata Yulizar.

Ketua PMI Babel, Abdul Fatah diwakili Ketua Bidang Donor Darah PMI Babel, Andri Nurtito menjelaskan bahwa para calon pendonor harus terkonfirmasi sehat.

“Untuk pendonor tentu saja harus dalam kondisi sehat dan tetap kita konfirmasi secara fisik dengan pemeriksaan laboratorium sederhana yang mencakup nadinya, detak jantung, kadar sel darah merah, riwayat penyakit dan juga riwayat minum obat,” jelas Andri.

Andri juga menambahkan bahwa donor darah memberikan keuntungan bagi pendonor.

“Yang donor darah ini juga sebenarnya mendapatkan keuntungan karena darahnya di-screening. Sehingga jika ditemukan kandungan-kandungan yang tidak semestinya, dapat diketahui,” tambahnya.

Donor darah sebanyak 350 cc dapat dilakukan kembali setelah 3 bulan. Donor darah menyehatkan karena membuat sirkulasi darah menjadi lancar, sehingga kerja jantung tidak terlalu berat.

Sumber: 
BKPSDMD Babel
Penulis: 
Ernawati Arif