Sumarsono: Proses Sertijab Gubernur Babel Sebagai Yang Terbaik

PANGKALPINANG – Serah terima jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Periode 2017-2022 mengundang segenap masyarakat Babel untuk turut berpartisipasi dan berbagi sukacita bersama. Kurang lebih 4000 undangan dari masyarakat hadir pada acara tersebut yang digelar pada hari Rabu (24/5/2017) di Halaman Kantor Gubernur.

Persiapan acara dimulai dengan penampilan drumband dari Gita Abdi Praja IPDN yang mempertunjukan kebolehan mereka, yang dilanjutkan dengan penampilan artis ibukota Tommy Ali untuk menghibur tamu undangan yang sudah mulai memadati halaman kantor Gubernur pada pukul 3 sore tersebut.

Para undangan yang hadir di acara tersebut terdiri dari Forkopimda Babel beserta seluruh Bupati dan Walikota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.  Diantara para undangan yang hadir, tampak beberapa tokoh yang sudah sangat dikenal seperti Mantan Ketua DPR RI Akbar Tandjung dan Ustad Yusuf Mansyur.

Kehadiran para tamu undangan bersama Gubernur dan Wakil Gubernur ini disambut langsung oleh Sekda Provinsi Babel Yan Megawandi untuk menuju ke ruang VIP sebelum pelaksanaan acara sertijab dimulai.

Kemudian, sebelum Gubernur terpilih Erzaldi Rosman memberikan sambutannya, Qori Trisnawijaya anggota Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Babel yang merupakan juara I MTQ Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membacakan ayat suci Al-Qur'an QS Arra'du ayat 11 pada acara Sertijab tersebut dengan syahdu.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sambutan dari Gubernur. Dalam sambutannya Erzaldi menyatakan saat nya bagi Bangka Belitung untuk melangkah dengan kekuatan bersama.

“Era AKU telah berlalu, saatnya era KITA mendominasi setiap gerak langkah. Dimana kita akan mengembangkan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini. Era memperjuangkan sukses sejahtera berakhir, kini saatnya era sukses mulia adalah gaya hidup yang harus menjiwai selaku pengemban tugas melayani masyarakat bersama-sama, tanpa ada batas,” ucap Erzaldi.

Erzaldi menegaskan bahwa dengan kebersamaan, kita semua bisa meninggalkan arogansi pribadi, bahu membahu dengan tujuan membangun Negeri Serumpun Sebalai. Ia berharap semua komponen dapat berubah dan mewujudkan Babel yang bermartabat, yang dapat menyejahterakan masyarakatnya. Karena itu ia mengharapkan dukungan tidak hanya dari para birokrat dan anggota DPRD, tetapi juga dukungan dari seluruh lapisan masyarakat di Babel.

Setelah sambutan Gubernur, Menteri Dalam Negeri RI yang diwakili oleh Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri RI DR. Sumarsono memberikan kata sambutannya.

“Saya berharap dalam waktu kurang dari 6 (enam) bulan kedepan supaya Gubernur dan Wakil Gubernur Babel dapat menyelesaikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah untuk 5 tahun kedepan yang menjadi aktualisasi dari visi dan misi sebagai janji politik. Saya juga berharap hubungan antara pemerintah daerah dan DPRD terus dibangun, karena itulah mitra utama,” ujar Sumarsono.

“Terkait dengan tugas APBD Perubahan agar bisa menyesuaikan dengan apa yang telah diprogramkan di dalam kampanye-kampanye sebelumnya sehingga mampu merespon kebutuhan dari masyarakat setempat,” tambahnya.

Lebih jauh, Sumarsono pun mengapresiasi rangkaian proses acara serah terima jabatan di Babel sebagai yang terbaik dari sertijab daerah lain yang pernah dihadiri, karena Provinsi Babel melibatkan masyarakatnya.

“Saya selaku Dirjen Otonomi Daerah mengelilingi sertijab dari provinsi ke provinsi, saya kira di Babel inilah yang terbaik karena turut melibatkan masyarakat,” tutup Sumarsono.

Acara sertijab ini pun diakhiri dengan para tamu undangan satu persatu memberikan ucapan selamat kepada Gubernur Erzaldi Rosman dan Wakil Gubernur Abdul Fatah beserta istri.(K5)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Khalimo Tabarani
Fotografer: 
Khalimo