Susanti Ajak Perempuan Pangkalpinang Bersyukur & Qonaah

 
Pangkalpinang-"Miliki rasa syukur, qonaah, percaya diri dan selalu haus akan ilmu, inilah yang harus dimiliki oleh perempuan hebat,"demikian diungkapkan oleh Kepala DP3ACSKB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Susanti saat membuka acara Pembinaan Organisasi Perempuan Tingkat Provinsi se-Kota Pangkalpinang Selasa (26/2/2019). 
 
Acara yang bertempat di Hotel Bangka City Pangkalpinang ini juga turut menghadirkan narasumber dari Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Pangkalpinang Ratna Juwita dan Kasi Tumbuh Kembang Anak DP3ACSKB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Aldino Ica Rahmawan.
 
Acara ini mengundang ketua dan perwakilan organisasi perempuan yang ada di Kota Pangkalpinang sekitar kurang lebih 40 orang dan 10 orang dari instansi terkait. "Kita harus bisa menerapkan fungsi-fungsi keluarga dimulai dari keluarga kita sendiri, fungsi-fungsi tersebut diantaranya fungsi agama, fungsi kasih sayang,  fungsi sosial budaya,  fungsi perlindungan,  fungsi pendidikan, fungsi ekonomi,  fungsi reproduksi dan fungsi lingkungan"jelas Susanti. 
 
Dijelaskan Susanti saat ini makin banyak kasus prostitusi yang melibatkan anak-anak dan bahkan sudah menjangkau ke anak sekolah menengah pertama,  serta jumlah kasus bunuh diri yang mengalami kenaikan. "Ada dua hal yang menjadi penyebab maraknya kasus-kasus tersebut diantaranya permasalahan ekonomi dan perselingkuhan" terang Susanti. 
 
Lebih jauh diungkapkan Susanti kita sebagai perempuan harus bisa merasa cukup dan bersyukur atas apa yang telah kita miliki, mulai dari pikiran kita dengan memilah mana yang merupakan keinginan dan mana kebutuhan, utamakanlah yang menjadi kebutuhan. 
 
"Untuk masalah perselingkuhan, saat ini trendnya malah banyak perempuan yang melakukan perselingkuhan, salah satu motifnya masalah ekonomi" tambah Susanti. 
 
Susanti juga berharap dengan mengikuti acara ini, ibu-ibu yang hadir bisa menyampaikan ilmu dan informasi yang didapat kepada anggota-anggota organisasi perempuan yang menaungi ibu-ibu serta membuat organisasi perempuannya menjadi mitra bagi pemerintah untuk membangun karakter SDM di Bangka Belitung. 
 
Dalam laporan ketua panitia pelaksana yang di bacakan oleh Murniyati Kasi Pemberdayaan Perempuan Bidang Sosial Politik dan Hukum menyebutkan tujuan diselenggarakannya acara ini yaitu untuk meningkatkan kapasitas & kemampuan perempuan yang tergabung dalam organisasi perempuan,  melakukan konsolidasi dan koordinas antara organisasi perangkat daerah yang membidangi urusan perempuan,  menyamakan persepsi dan komitmen dalam melaksanakan kegiatan pembinaan organisasi perempuan serta memperoleh data baru tentang jumlah anggota organisasi perempuan.
 
 
Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Lisia Ayu
Fotografer: 
Lisia Ayu
Editor: 
Fitra