Syahrudin: Sat Pol PP Harus Peka Menangkap Isu

Bangka - Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) tidak hanya harus berpenampilan menarik. Sebab kriteria lain yang diharapkan dari seorang petugas Sat Pol PP yakni, mempunyai kemampuan bersosialisasi dan peka menangkap isu yang berkembang di masyarakat.

Demikian disampaikan Syahrudin, Asisten I Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat mewakili Gubernur Bangka Belitung membuka bimbingan teknis (bimtek) di Novilla Boutique Resort, Sungailiat, Bangka, Rabu (19/6/2013).

Bimtek yang digelar Sat Pol PP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kali ini mengenai pemantapan peran Sat Pol PP dalam penegakan peraturan daerah. Dijadwalkan kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari, terhitung tanggal 19 hingga 21 Juni 2013.

Sebanyak 50 peserta mengikuti kegiatan tersebut. Sejumlah peserta merupakan perwakilan dari Sat Pol PP kabupaten/kota se Bangka Belitung dan unsur Muspida di lingkungan provinsi.

Lebih jauh Syahrudin menjelaskan, Sat Pol PP merupakan instansi yang berada di garis terdepan dalam penegakan peraturan daerah. Oleh sebab itu, dibutuhkan berbagai keterampilan, wawasan serta kemampuan bersosialisasi dengan masyarakat. 

Untuk menjadi anggota Sat Pol PP yang baik, jelasnya, tidak hanya menguasai satu bidang ilmu saja. Sebab dengan menguasai berbagai bidang ilmu, bisa lebih cepat berbaur dengan masyarakat. Keterampilan beladiri juga sangat dibutuhkan dalam penerapan dan menegakkan perda di lapangan.

"Melalui bimtek ini, hendaknya kebijakan daerah benar-benar dipahami. Sehingga Sat Pol PP bisa menjadi perpanjangan tangan pemerintah daerah yang baik di masyarakat," harap Syahrudin.(rusmini)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Rusmini
Fotografer: 
Rusmini
Editor: 
Huzari