Tabur Bunga dari Geladak KRI Barakuda

PANGKALPINANG - Bunyi sirine mulai terdengar memecah alunan ombak yang menghempas bibir dermaga sandar Pelabuhan Pangkalbalam, ketika Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Hidayat Arsani mulai menaiki sebuah kapal militer. Tak lama, pemberitahuan dari pengeras suara kapal patroli laut bahwa kapal segera bertolak.

Tepat pukul 11 siang, KRI Barakuda dengan nomor lambung 633 mulai bergerak pelan, membawa peserta upacara tabur bunga sebagai rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-69 yang digelar Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Beberapa kali terjadi benturan kecil antara badan kapal dengan dinding dermaga yang membuat para peserta terkejut. Namun itu tak lama terasa setelah KRI Barakuda mulai menjauh dari pelabuhan. Haluan kapal dengan moncong meriam tunggal di depannya mengarah ke langit, laksana membelah gemuruh angin di perairan yang kerap dimanfaatkan kapal-kapal penumpang maupun kapal barang untuk berlayar.

Wakil Gubernur Hidayat Arsani tampak berdiri tegap di barisan paling kanan "pasukan" pejabat eselon II Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Di sebelah kiri para pejabat, diisi barisan sejumlah petinggi Polda Babel, prajurit berbaret hijau dari Korem Garuda Jaya, pasukan putih Angkatan Laut hingga petugas dari bea cukai, imigrasi dan pelindo. Di ujung paling kiri, tujuh pelajar berseragam pramuka tampak berbaris rapi, dengan dua buah karangan bunga dan baki bunga rampai. Di depan mereka, Kapten Laut (P) Aan H menjadi komandan upacara.

Minggu (17/8/2014) siang itu, ketika Barakuda sudah menempuh perjalanan sekitar satu mil, upacara tabur bunga pun dimulai. Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Babel, Letkol Laut (P) Hendra Kesuma yang bertindak selaku inspektur upacara, memimpin para peserta melakukan penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta, pelarungan karangan bunga, serta tabur bunga di laut.

Suasana khidmat mulai terasa ketika hening cipta dimulai. Desau angin, riak ombak dan deru kapal terdengar perlahan seakan mengajak sanubari peserta upacara memberikan doanya bagi arwah para pahlawan yang gugur di laut dalam menunaikan tugas negara.

Selain Letkol Laut (P) Hendra Kesuma melakukan pelarungan karangan bunga dan tabur bunga, hal serupa juga dilakukan Wakil Gubernur Hidayat Arsani serta sejumlah peserta lainnya. Kegiatan diakhiri dengan ramah-tamah sesama peserta upacara dan istirahat sejenak di dalam ruang khusus di KRI Barakuda.

Beberapa saat kemudian, kapal putar haluan untuk kembali ke Pelabuhan Pangkalbalam. Dari pinggir dermaga, beberapa masyarakat yang sengaja datang ke pelabuhan, tampak melambaikan tangannya dari jauh. Usai merapat, Wakil Gubernur Hidayat Arsani dan Danlanal Babel Letkol Laut (P) Hendra Kesuma disambut sejumlah tokoh muda dari Komite Nasional Pemuda Indonesia. (ism/reni)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ismail | Reni
Fotografer: 
Reni
Editor: 
Ismail