Tagana Babel Sukses Raih Juara di Dua Kategori

 

PANGANDARAN - Taruna Siaga Bencana (Tagana) Provinsi Bangka Belitung sukses meraih juara di dua kategori pada perlombaan  Jambore Tagana Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Sosial RI di Pangandaran, Jawa Barat, Rabu (31/3/2021). 

Tagana Provinsi Bangka Belitung Sukses menyabet Juara I di Kompetisi Manajemen Water Rescue dan Juara III pada Manajemen Keposkoan.

Kegiatan diselenggarakan untuk memperingati Hari Jadi Ke-17 Taruna Siaga Bencana (Tagana) Indonesia dan berlangsung selama empat hari mulai tanggal 28 - 31 Maret di Lapangan Katang Doyong Pantai Timur, Pangandaran, Jawa Barat.

Pencapaian ini merupakan buah kerja keras dari setiap lini yang dimotori oleh  
Dinas Sosial Provinsi Bangka Belitung. Menjadi kampiun di Kompetisi Water Rescue seakan menguatkan kembali bahwa posisi demografis Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  dan itu menjadi modal pembentukan keahlian yang diasah oleh alam. Ajang tahunan ini diikuti oleh Tagana dari seluruh provinsi di Indonesia.

 Pada acara puncaknya akan dilaksanakan Apel Siaga Tagana Indonesia dan Deklarasi 1.000 Nelayan Siaga Bencana bertempat di Lapang Katang Doyong Pantai Timur Pangandaran. 
 
Dalam sambutannya Pepen Nazaruddin selaku Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial menyampaikan bahwa jambore ini merupakan wadah untuk peningkatan kompetensi dan pemetaan keterampilan seluruh anggota Tagana se-Indonesia.

"Serta menjadi ajang berbagi pengalaman dan proses belajar bersama dari setiap karakteristik bencana, budaya, dan juga sarana guna pengembangan jejaring kemitraan sebagai bentuk kiprah nyata Tagana yang tidak dapat ditampikkan adalah eksistensinya dalam setiap bencana yang melanda, "pungkasnya.

Sumber: 
Tagana Pemprov. Babel
Penulis: 
Denny
Fotografer: 
Nuriman
Editor: 
Imelda