Tagana Hadir Cekal Covid-19

PANGKALPINANG - Dalam upaya pencegahan penyebaran mewabahnya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Tagana Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang telah bergabung dalam Gugus Tugas Pencegahan Corona Provinsi Kepulauan Babel, sejak Jumat (20/03/20) telah melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan di berbagai lokasi diantaranya, lokasi Kantor Bawaslu Propinsi Kep. Babel, Rumah Makan Pagi Sore, SMP Negeri 2 Pangkalpinang, SD Negeri 10 Pangkalpinang, RSUP Air Anyir, jalan dari lampu merah Semabung s/d Masjid Jami Pangkalpinang, Simpang DKT s/d Simpang Kimia Farma, SMK Negeri 2 Sungailiat, TK. Amelia, Masjid Alittihad, dukcapil, SD Negeri 10 Sungailiat, SMP Negeri 2 Sungailiat, Pasar Kenanga, RRI, dinas pendidikan, ATM seluruh Sungailiat, sementara kegiatan yang berlangsung di Kabupaten Belitung terpantau di daerah Lingkungan komplek PT. Parit Sembada Divisi Buding dan Cendil Kec Kelapa Kampit Kab Belitung, Pasar Tradisional Kec. Gantung, Kantor Camat Gantung, Kantor Polsek Gantung, Kantor Koramil Gantung. 

Selain melakukan penyemprotan, Tagana Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga menyosialisasikan kepada masyarakat untuk mengambil langkah preventif dalam pencegahan kemungkinan berkembang dan menyebarnya Covid-19 dengan menjaga kebersihan diri dengan memberikan tutorial mencuci tangan dengan benar serta melakukan penyemprotan disinfektan.

Fitra Mayarini, Kasi PSKBA menyampaikan, “Hendaknya masyarakat mengikuti setiap instruksi yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat maupun pemda, walaupun belum ada masyarakat Bangka Belitung yang berstatus positif Covid-19, semoga kegiatan ini membentuk kesiapsiagaan kita secara menyeluruh dan semoga kita semua selalu terhindar dari pandemi ini,” ungkapnya. Untuk Tagana yang bertugas melakukan penyemprotan disinfektan hendaknya tetap mengutamakan keselamatan dengan menggunakan APD yang berstandar.

Hal-hal sederhana yang dapat kita lakukan secara mandiri dalam upaya pencegahan Covid-19 antara lain adalah mengganti baju sehabis berinteraksi di luar lingkungan, langsung mandi plus keramas dengan sabun dan sampo. Sebisa mungkin tidak menyentuh langsung properti publik seperti gagang pintu, tangga, dan lain-lain, pakailah masker dan apabila cukup beruntung dapat menyediakan disinfektan pribadi (hand sanitizer), satu lagi yang tidak boleh kita sepelekan adalah menjaga jarak (social distancing) semoga kita semua dapat melakukan ini dengan kesadaran penuh demi keluarga kita semua. Sehat kita, sehat Indonesia.

 

Sumber: 
Dinas Sosial
Penulis: 
Denny Kamajaya
Fotografer: 
Denny Kamajaya
Editor: 
Listya