Target, Tujuh Juta Wajib Pajak Sampaikan SPT

Pangkalpinang – Tahun ini pemerintah menargetkan sekitar tujuh juta wajib pajak pribadi menyampaikan surat pemberitahuan (SPT) tahunan pajak secara online. Kementerian PAN RB mewajibkan ASN, TNI dan Polri menyampaikan SPT tersebut. Mengenai tingkat kepatuhan membayar pajak, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendapatkan peringkat terbaik. Diharapkan sistem e-filling dapat meningkatkan partisipasi wajib pajak.

Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung menegaskan, setiap pegawai maupun masyarakat hendaknya dapat menjadi wajib pajak yang patuh. Sebab melaporkan pajak merupakan langkah mendukung proses pembangunan di Bangka Belitung. Sedangkan penerapan sistem e-filling menjadi salah satu upaya mempermudah pegawai dan masyarakat melaporkan SPT tahunan, karena sistem ini dapat diakses secara online.

“Sistem e-filling mempermudah pegawai melaporkan SPT tahunan secara online. Ini merupakan kewajiban dan tanggung jawab sebagai ASN dan warga negara yang baik,” tegasnya saat kegiatan Panutan penyampaian SPT Tahunan Pajak 2015 oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Senin (21/3/2016).

Sementara Samon Jaya Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung menjelaskan, tahun ini pemerintah menargetkan sekitar tujuh juta wajib pajak pribadi menyampaikan SPT tahunan secara online. Kementerian PAN RB mewajibkan ASN, TNI dan POLRI menyampaikan SPT tersebut. Selama ini penyampaian SPT tahunan pegawai dilaporkan nihil, belum termasuk penghasilan lain-lain.

“Nihil bukan berarti bayar pajak nol. Selain gaji ada penghasilan lain-lain yang menjadi hak negara yaitu pajak. Bukti potong ini menjadi kebanggaan terhadap bangsa dan negara. Penggunaan sistem online untuk menyesuaikan penghasilan-penghasilan yang belum dilaporkan wajib pajak,” jelasnya.

Untuk di Kota Pangkalpinang, kata Samon, kantor pajak akan melakukan penyesuaian data usaha terutama di jalan-jalan protokol. Data pemilik toko, gerai atau restoran yang mempunyai usaha lebih dari satu akan disandingkan dengan data pemerintah daerah, dalam hal ini DPPKAD. Sebab dalam tingkat kepatuhan membayar pajak, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendapatkan peringkat terbaik di antara provinsi lainnya.

“Pemerintah memberi kemudahan kepada masyarakat untuk melaporkan SPT tahunan secara elektronik atau online dengan istilah e-filling. Aplikasi ini dapat diakses melalui website Direktorat Jenderal Pajak www.pajak.go.id. Sekarang wajib pajak dapat mengakses aplikasi ini darimana saja, dan kapan saja. Baik di kantor, kafe maupun di warung kopi,” paparnya. 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Fajrina Andini
Fotografer: 
Suci Lestari
Editor: 
Huzari | Adi Tri Saputra