Tari Pasir Kuning Meriahkan FLS2N Tingkat Provinsi

Bangka Tengah, BabelProv - Tari Pasir Kuning, Tarian yang mengisahkan cerita rakyat tentang pertempuran habis habisan antara kebenaran melawan kejahatan, meriahkan pembukaan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N)  Jenjang SD, SMP, SMA dan SMK Tingkat Provinsi Kepulaan Bangka Belitung, yang digelar di Ballroom Hotel Aston, Selasa (3/9). 

Tarian ini setiap tahunnya diperingati masyarakat tempilang, sebagai ritual adat perang ketupat yang sudah biasa dilaksanakan di pantai pasir kuning.

Demikian sekilas cerita singkat tarian pasir kuning di festival dan Lomba Seni Siswa Nasional. Acara dibuka secara resmi oleh Syahrudin Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik mewakili Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

Syahrudin dalam sambutannya mengatakan, Kesenian sebagai salah satu unsur kebudayaan merupakan pendorong pertumbuhan dan segala bentuk wahana bagi kita,  selain dapat mengekpresikan dan mengembangkan diri dari berbagai kehidupan, kesenian juga mempunyai peran strategis sebagai media komunikasi dalam menyuarakan makna kehidupan.

Di dunia pendidikan peserta didik sebagai generasi penerus bangsa, harus memiliki bekal kognitif, afektif dan motorik yang selaras dan seimbang. 

Peserta didik juga diharapkan mampu mengasah kepekaan hati dan nurani, agar dapat memperhalus budi pekerti dan perilaku, sebagaimana yang terkandung dalam tema FLS2N ini adalah seni membentuk kepekaan rasa terhadap lingkungan lokal dan global.

Lebih lanjut ia mengatakan dalam meningkatkan potensi dibidang seni siswa, pemerintah perlu melakukan penyelenggaraan berbagai kesenian yang mampu membangkitkan talenta pendidik, terhadap prestasi dan karya nyata yang menjadi kebanggaan peserta didik.

“Melalui penyelenggaraan FLS2N ini seni dan budaya bangsa indonesia dapat digali, dan dikembangkan, khususnya pada kesenian Babel, agar terlestarikan dan mampu meningktkan kreativitas anak-anak negeri, sepanjang tetap menjaga nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya Bahasa”, harapnya

Selantutnya ia menegaskan bahwa potensi dan bakat yang ada dalam diri, terus dikembangkan secara maksimal, agar dapat terpilih pada ajang bakat FLS2N Tingkat Nasional.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang diwakili Sekretaris Dinas Pendidikan, Rita Aryani menyampaikan laporannya, bahwa FLS2N jenjang SD dan SMP Tingkat Nasional mendatang akan dilaksanakan di Tanggerang Banten, sedangkan jenjang SMA dan SMK dilaksanakan di Lampung, penyelenggaraan dilaksanakan serentak, mulai tanggal 15 s.d 21 september 2019.

Ia juga mengatakan FLS2N bertujuan memotivasi siswa agar dapat menumbuhkembangkan bakat dan kemampuannya dalam bidang seni budaya, mengekspresikan seni sesuai dengan norma budi pekerti dan karakter peserta didik, serta menggali dan melestarikan seni budaya bangsa yang berakar pada seni daerah.

Peserta FLS2N diikuti 542 siswa terdiri dari 91 siswa Jenjang SD, 150 siswa Jenjang SMP, 126 siswa Jenjang SMA, dan 175 siswa Jenjang SMK. 

Hadir pula, Ketua Komisi 4 DPRD Provinsi, Perwakilan Polda Provinsi, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi, Kepala OPD, Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota, Kepala Sekolah dan Pendamping Guru, serta Dewan Juri. 
 

Sumber: 
Dinas Pendidikan
Penulis: 
meilia
Fotografer: 
meilia
Editor: 
heru