Tekan Angka Pengguna Narkoba, Tempat Hiburan Dirazia

Pangkalpinang – Tak mudah memberantas penyakit sosial masyarakat. Namun Dinas Kesejahteraan Sosial (Dinkessos) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tak menyerah. Melibatkan Satpol PP, Polda serta Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tim bergerak menyisir sejumlah tempat hiburan malam di Pangkalpinang, Rabu (25/6/2041).

Tujuan tim tak hanya merazia tempat hiburan, namun lebih menekankan pada kegiatan penyuluhan kepada pekerja di tempat tersebut. Terdapat beberapa tempat hiburan menjadi target, salah satunya yakni lokalisasi Teluk Bayur Pangkalpinang. Kegiatan ini sengaja diagendakan jelang bulan Ramadan, dengan harapan dapat menanggulangi penyalahgunaan narkoba dan HIV AIDS di Kota Pangkalpinang.

Kegiatan ini juga merupakan bentuk kepedulian dan perhatian langsung Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  kepada masyarakat yang bekerja di tempat hiburan malam. Sebab ancaman narkoba dan HIV AIDS merupakan dampak dari penyakit sosial masyarakat.

Saat kegiatan digelar, Rohaya Inspektorat Polda Babel mengatakan, peningkatan penyalahgunaan narkoba di Bangka Belitung tidak dapat dipandang sebelah mata. Kerusakan yang ditimbulkan oleh narkoba tidak semata-mata berdampak terhadap satu sisi kehidupan. Selain fisik, kejiwaan seseorang dapat terganggu jika mengonsumsi narkoba. Seperti terjadi perubahan perilaku.

“Untuk itu kita perlu meningkatkan kewaspadaan bersama-sama antara keluarga satu dengan lainnya,” tegasnya.

Menjelaskan mengenai perizinan tempat hiburan, Cipto Nugroho Kepala Bidang Pemeriksaan dan Penyelidikan Satuan Polisi Pamong Praja menegaskan, setiap usaha harus memiliki izin  jelas. Jika izin tersebut sudah habis, harus diperpanjang sesuai aturan. Kalau izin membuka usaha restoran, hendaknya bidang yang dikerjakan menyediakan barang jasa restoran.

“Fenomena izin usaha illegal menjadi persoalan krusial. Legalitas pegawai tempat-tempat hiburan menjadi sasaran perdagangan manusia. Praktek-praktek menyimpang seringkali terjadi di tempat hiburan, baik yang legal maupun illegal,” jelasnya.

Berbicara mengenai lingkungan pergaulan dan tempat tinggal, Effendi Kabid Rehabilitas Sosial Dinas Kesejahteraan Sosial Babel mengatakan, orang tua mempunyai peranan penting dalam pengawasan, sehingga anak-anak terhindar dari penyalahgunaan narkoba.

“Orang tua memiliki tugas dan tanggung jawab terhadap perilaku anak-anaknya dalam keluarga,” ungkapnya.(eff)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Effendi
Fotografer: 
Effendi
Editor: 
Effendi