Tiga Agenda Nasional Musrenbangnas 2013

Jakarta – Hotel  Bidakara Ruang Birawa, Jalan Jendral Gatot Subroto tampak sangat ramai, mengingat acara Musrenbangnas 2013 sedang berlangsung. Dan dalam acara tersebut, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono berkesempatan untuk memberikan arahan, dengan tema “jaga stabilitas dan ekonomi kita guna untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat”.

Mengawali arahannya, Presiden RI SBY, mengatakan bahwa proses pemilu sudah dimulai, dan suhu politik pasti akan menghangat dan memanas, yang bisa mengakibatkan stabilitas politik bisa terganggu, maka pemilu harus dikelola dengan baik.

Presiden RI SBY pun menyampaikan, bahwa ada tiga agenda nasional yang dikelola oleh pemerintah yaitu, pertama menjaga stabilitas politik di tahun-tahun pemilu, kedua, menjaga pertumbuhan dan ketahanan perekonomian, ketiga, meningkatkan kesejahteran rakyat dengan prioritas penanggulangan kemiskinan, dan ke tiga agenda ini terkait satu sama lain.

Untuk menjaga stabilitas sosial politik, peran politisi dan para elit politik sangat penting. Bila mereka bisa menjadi kompetisi yang terukur maka kita bisa menjaga stabilitas politik di negeri ini.

“Oleh karena itu kita cegah, benturan sosial yang akan terjadi selama berlangsungnya pemilu, supaya tidak mengganggu keamanan,” seperti yang disampaikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Kemudian beliau mengatakan untuk menjaga pertumbuhan dan pertahanan ekonomi nasional, dimana resesi ekonomi dunia masih terjadi, pertumbuhuan ekonomi global masih rendah. Tantangan bagi Indonesia adalah harus berupaya sekuat tenaga agar perekonomian negara tetap tumbuh. Dan khusus Indonesia, harus berbuat, jangan hanya menyerahkan kepada mekanisme pasar, pesan Presiden SBY.

Ekonomi Indonesia yang tumbuh diatas 6 persen, mengindikasikan bahwa ekonomi indonesia termasuk stabil, dan diharapkan akan terus tumbuh, karena menurut Presiden SBY, ekonomi harus tumbuh agar pengangguran turun, kemudian kemiskinan akan berkurang.

Dalam perekonomian dunia saat ini yang masih penuh krisis dan gonjang ganjing, maka bila ketahanan ekonomi nya rendah, hal ini bisa membuat Indonesia menjadi terpuruk. Untuk menjaga stabilitas ekonomi, makro ekonomi dan sektor reel harus bergerak, menurut beliau.

Dan terakhir, untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan prioritas penanggulangan kemiskinan, pemerintah Indonesia sudah mengalokasikan anggaran yang cukup besar, dimana program tersebut harus tepat sasaran dan efektif.(K5/TMC)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Khalimo