Tiga Hari Warga Kelapa Kampit Bisa Makan Gratis

Belitung Timur – Selama tiga hari tiga malam warga Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur bisa menikmati makanan gratis. Sejumlah makanan gratis ini disiapkan pihak Yayasan Kelenteng Fu De Ci, Kelapa Kampit terkait kegiatan peresmian rumah ibadah tersebut. Tak hanya itu, warga juga dapat menikmati hiburan penampilan artis ibukota.

Pantauan Babelprov.go.id, sejumlah lapak makanan gratis disiapkan panitia di antaranya, mie belitung, martabak, bakso dan sejumlah makanan dan minuman lainnya. Beberapa rangkaian acara lainnya yaitu ritual ibadah, beregong – beripat, api barak, barongsai, pengobatan tradisional, penampilan sembilan artis ibukota dan pesulap.

Namun tak kalah penting, terdapat rangkaian acara untuk menunjang dunia pariwisata di Kabupaten Belitung Timur. Sebab selain sebagai tempat ibadah, pihak yayasan pengelola kelenteng mengharapkan tempat tersebut dapat menjadi destinasi wisata religi. Kondisi rumah ibadah cukup menarik, pasalnya ornamen di rumah ibadah ini mengandung nilai seni tinggi.

Afa, Ketua Yayasan Pengelola Kelenteng Kelapa Kampit menjelaskan, hampir 90 persen ornamen kelenteng didatangkan langsung dari Negeri Tiongkok. Sekitar Rp7 miliar dana digunakan untuk pembangunan tempat ibadah ini. Sedangkan peresmian tempat ibadah ini direncanakan pihak panitia selama tiga hari, tiga malam dengan menampilkan berbagai macam rangkaian kegiatan.

“Mungkin orang bertanya-tanya, apa saja yang akan dilakukan selama tiga hari tersebut. Namun kita sudah mengatur rangkaian kegiatan ini,” ungkapnya, Jumat (9/1/2015).

Sebagaimana diketahui, peresmian Kelenteng Fu De Ci, Kelapa Kampit ini dilakukan Hidayat Arsani Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung. Tak hanya melakukan peresmian, sebab Wagub juga menyempatkan diri mengikuti beberapa rangkaian acara peresmian tersebut. Di kesempatan ini Wagub ingin mencicipi nikmatnya sajian kopi dari Kabupaten Belitung Timur yang dikenal dengan sebutan 1001 warung kopi ini.

Menurut Afa, dalam acara rangkaian kegiatan peresmian ini akan menampilkan patung dari Pontianak. Untuk menunjang kegiatan pariwisata, bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Timur, pihak yayasan memberikan privat tentang pengembangan sektor pariwisata. Tak hanya itu, sebab sanggar seni di Pulau Belitung ini juga akan menampilkan aksi lakon Mesteri Hantu Bubu.

“Diharapkan kegiatan ini akan terus berlanjut, sehingga dapat menunjang kegiatan pariwisata di Kabupaten Belitung Timur. Sedangkan kepada masyarakat Kelapa Kampit, kami berharap dapat ikut menyukseskan rangkaian acara ini, sehingga Kelapa Kampit menjadi terkenal dan menarik wisatawan,” harapnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Rizky | Huzari
Fotografer: 
Rizky
Editor: 
Huzari