Tiga Kabupaten Diusulkan Menjadi KEK

Tanjungpandan – Tiga kabupaten di Pulau Bangka diusulkan menjadi kawasan ekonomi khusus (KEK). Sejumlah kabupaten tersebut di antaranya, Bangka Barat, Bangka Selatan dan Kabupaten Bangka. Pasalnya kabupaten ini mempunyai keunggulan dan potensi khas. Sebelumnya Joko Widodo Presiden RI telah menetapkan kawasan Tanjung Kelayang, Belitung sebagai salah satu KEK pariwisata.

Rustam Effendi Gubernur Bangka Belitung berkeinginan agar di Pulau Bangka juga terdapat KEK. Kabupaten Bangka Barat memiliki wisata sejarah berupa Pesanggrahan Menumbing. Tempat singgah Soekarno Presiden pertama RI selama menjalani pengasingan tersebut dapat menjadi nilai tawar bagi wisata sejarah. Tak hanya itu, sebab kabupaten ini juga mempunyai potensi pantai yang bagus.

Mercusuar yang hingga saat ini masih berdiri kokoh di Pantai Tanjungkalian, Muntok menjadi bagian jejak sejarah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Gubernur menjelaskan, keunikan juga dapat ditemui wisatawan jika berkunjung ke Kabupaten Bangka Selatan. Kabupaten tersebut memiliki akses laut  cukup dekat dengan Belitung dan ada 42 pulau tersebar di kabupaten ini.

Dari sekian banyak pulau itu, hanya tujuh pulau berpenghuni. Ia memaparkan, sedangkan di Kabupaten Bangka memiliki banyak pantai dan wisata religi seperti Goa Maria. Untuk wilayah Kabupaten Bangka didukung 22 hotel dengan 550 jumlah kamar. Di kawasan Kabupaten Bangka Barat ada sebelas hotel dengan 148 kamar dan di Kabupaten Bangka Selatan ada empat hotel dengan 116 kamar.

“Pulau Bangka dan Pulau Belitung sama-sama menjadi ikon pariwisata. Saya berkeinginan mengembangkan KEK di Pulau Bangka, sehingga tidak terkesan hanya Pulau Belitung yang diperhatikan. Walaupun kita ketahui Belitung memang jauh lebih dahulu menjadi KEK," kata Gubernur saat paparan Pengusulan KEK Pulau Bangka, di ruang rapat Kantor Bupati Belitung, Jumat (2/9/2016).

Menyikapi keinginan itu, Arief Yahya Menteri Pariwisata RI mengatakan, terdapat kriteria lokasi KEK. Contohnya, harus sesuai RTRW dan tidak berpotensi mengganggu kawasan lindung. Tak kalah penting yaitu ada dukungan pemerintah daerah setempat dan terletak pada posisi dekat dengan jalur perdagangan internasional. Selain itu dekat dengan jalur pelayaran Internasional di Indonesia.

Untuk ditetapkan menjadi KEK, suatu daerah juga harus memiliki potensi sumber daya unggulan serta mempunyai batas daerah yang jelas. Ia menambahkan, kawasannya pun menarik, mempunyai area memadai dan mudah diakses. Tiga kabupaten yang dipaparkan itu masuk dalam kriteria lokasi kawasan KEK, sebab mempunyai potensi tersendiri.

“Untuk itu, perlu dipertimbangkan lagi kabupaten mana saja yang akan dipilih untuk dijadikan kawasan KEK,” kata Arief.

Sumber: 
Diskominfo Babel
Penulis: 
Evani
Fotografer: 
Suci Lestari
Editor: 
Huzari | Adi Tri Saputra