Tim Media Center Dukung Gerakan Gemar Membaca

Nyelanding – Pemutaran film menggunakan layar lebar di Desa Nyelanding, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Jumat malam (20/5/16) disambut antusias masyarakat. Program Media Center Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini bertujuan menyampaikan informasi melalui media hiburan kepada masyarakat.

Penanyangan film kali ini bertujuan mengingatkan kepada masyarakat mengenai hari Buku Nasional yang ditetapkan tanggal 17 Mei serta hari Kebangkitan Nasional yang diperingati setiap tanggal 20 Mei. Terkait hari buku nasional, diharapkan masyarakat dapat meningkatkan minat baca. Sedangkan hari Kebangkitan Nasional hendaknya mampu meningkatkan rasa nasionalisme masyarakat

Film yang disajikan pun mempunyai nilai-nilai perjuangan seperti film bertajuk Jenderal Soedirman. Film ini menceritakan tentang semangat perjuangan dan jiwa nasionalisme Jenderal Soedirman bersama pejuangan kemerdekaan untuk mempertahankan NKRI.

Suci Lestari Koordinator Tim Media Center mengatakan, kegiatan ini tak hanya menyajikan hiburan berupa pemutaran film. Sebab tim kreatif Media Center juga menampilkan iklan layanan masyarakat (ILM) terkait hari Buku Nasional. Masyarakat dimotivasi meningkatkan minat baca dengan memanfaatkan perpustakaan, sehingga tercapai tujuan gerakan rajin membaca.

"Kita berharap masyarakat mengetahui sejarah perjuangan untuk membangkitkan rasa nasionalisme dan meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan. Kita juga menampilkan ILM tentang perpustakaan agar anak-anak mencintai buku dan rajin membaca. Karena dengan membaca kita bisa meningkatkan wawasan dan mengetahui dunia," jelasnya di lokasi pemutaran film, Jumat malam (20/5/2016).

Sekitar pukul 17.00 WIB Tim Media Center mulai melakukan persiapan pemasangan peralatan pemutaran film. Tampak puluhan anak-anak mulai berdatangan ke lokasi. Berbagai ekspresi anak-anak tampak, salah satunya ekspresi ingin bertanya dan melihat aktivitas tim di lokasi tersebut.

Rega dan Okky anak-anak Desa Nyelanding bertanya kepada Surianto salah satu anggota Tim Media Center.  "Ikak nek ngape om dihini(Kalian mau ngapain ini di sini-red). Muter film ok, muter film ape om (Melakukan pemutaran film ya, film apa-red)" tanya Rega dengan logat Desa Nyelanding, Jumat malam (20/5/2015).

"Kami akan melakukan pemutaran film berjudul Jenderal Soedirman, nanti habis salat Isya kita mulai pemutaran filmnya," jelas Surianto.

Usai salat Isya sekitar pukul 19.15 WIB warga beserta anak-anak mulai berdatangan ke lapangan bola Desa Nyelanding yang berada tak jauh dari lokasi wisata air panas. Rega yang merupakan siswa kelas empat SDN 10 Desa Nyelanding sangat antusias menyaksikan film Jenderal Soedirman ini. Ia menyatakan sangat terhibur dan senang dengan kehadiran Tim Media Center di desanya.

Ayek salah satu warga Desa Nyelanding juga mengungkapkan pernyataan senada. Menurutnya, sangat menghibur menyaksikan pemutaran film ini. Sebab film yang mengandung unsur sejarah ini mengandung unsur lelucon. Pemutaran film seperti ini merupakan yang pertama kali di Desa Nyelanding.

“Belum ada pemutaran film seperti ini. Biasanya hiburan berupa pertunjukan musik," jelasnya.

Sumber: 
Diskominfo Babel
Penulis: 
Adi Tri Saputra
Fotografer: 
Surianto
Editor: 
Huzari | Adi Tri Saputra