Timsel Buka Pendaftaran KPID

PANGKALPINANG - Tim seleksi (timsel) beserta panitia fasilitasi pemilihan membuka pendaftaran bagi masyarakat yang berminat menjadi komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mulai Senin (6/10/2014).

Dalam rapat persiapan seleksi calon anggota KPID Babel yang berlangsung di ruang kerja Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Jum'at (3/9) dibahas berbagai hal terkait pendaftaran bakal calon. Diantaranya persyaratan, proses seleksi hingga pelantikan anggota terpilih.

Kepala Diskominfo Babel Noviar Ishak melalui Kepala Bidang Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi (SKDI) Jon Saragih menyatakan, proses seleksi bakal calon anggota KPID dilakukan karena periode jabatan komisioner yang lama segera berakhir. Diskominfo, menurut Kabid SKDI, mulai melaksanakan proses tersebut sejak Senin dengan menyebarluaskan pengumuman melalui media massa. Pendaftaran berlangsung selama satu bulan penuh sejak diumumkan.

Pihaknya selaku panitia fasilitasi yang terbentuk berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Nomor 188.4/34/Diskominfo/2014 akan melaksanakan fungsinya dalam menyiapkan administrasi guna terselenggaranya fasilitasi pembentukan KPID.

"Panitia fasilitasi ini juga bertugas membantu tim seleksi dalam rangka penjaringan calon anggota KPID," ujar Kabid SKDI Jon Saragih.

Dalam pertemuan yang dihadiri sejumlah panitia fasilitasi serta tiga dari lima anggota tim seleksi itu, lebih banyak mendiskusikan persyaratan dan ujian tertulis dalam proses penjaringan.

Melalui juru bicaranya Zulfakar, tim seleksi menyetujui adanya syarat berdomisili di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dibuktikan dengan identitas kependudukan bagi mereka yang berminat mendaftarkan diri. Sedangkan dalam ujian tertulis, tim seleksi mengharapkan adanya referensi materi ujian bagi peserta yang lulus persyaratan administrasi. Selain itu, setiap calon diharuskan membuat makalah serta wajib mengikuti uji publik sebagai tahapan yang harus ditempuh dalam proses penjaringan.

Dari jumlah keseluruhan bakal calon yang mendaftar, menurut Zulfakar, harus memenuhi kelulusan minimal 21 orang.

"Jika tidak memenuhi jumlah tersebut, maka (proses penjaringan-red) harus diperpanjang kembali selama 15 hari lagi," kata Zulfakar.

Dia menambahkan, setelah proses penjaringan selesai dilaksanakan oleh tim seleksi dibantu panitia fasilitasi, selanjutnya diusulkan ke pihak lesgilatif. Dari 15 orang calon yang diusulkan, akan dipilih lima orang untuk ditetapkan sebagai komisioner KPID Babel.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Reni
Fotografer: 
Rizky
Editor: 
Ismail