Tingkatkan Capaian Akuntabilitas Kinerja Pemerintah, Pemprov dan Kemenpan RB Berikan Arahan kepada Jajaran Pimpinan OPD

PANGKALPINANG  -  Dalam rangka persiapan pelaksanaan evaluasi atas implementasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) yang dilaksanakan oleh Kemenpan RB setiap tahunnya, Senin (07/01) dilaksanakan rapat pimpinan seluruh OPD terkait pembahasan strategi penguatan dan peningkatan akuntabilitas kinerja pemerintah Pemprov Babel.

Rapim yang dilaksanakan di ruang pertemuan Pasir Padi lantai III kantor gubernur, dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Kep. Babel, Abdul Fatah yang didampingi oleh Sekretaris Daerah, Yan Megawandi. Turut hadir narasumber dari Kementerian PAN RB dan pejabat pemerintah DIY yang memaparkan mengenai strategi peningkatan penilaian akuntabilitas kinerja pemerintah.

Terkait dengan peningkatan penilaian dan penguatan akuntabilitas pemerintah, diungkapkan Sekretaris Daerah Yan Megawandi usai memimpim rapim bahwa capian kinerja pemerintah menjadi satu indikator utama dalam penilaian akuntabilitas pemerintah.    Ditambahkan Yan,  hasil penilaian SAKIP Pemprov Babel tahun sebelumnya, mendapatkan penilaian B dan perlu ditingkatkan atas capaian tersebut.

 “Jadi mita ingin (red: pemerintah provinsi ) supaya nilai SAKIP kita (red: kinerja pemerintah provinsi) lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, penilaian SAKIP pemerintah provinsi memang saat ini memang sudah B, tapi kita perlu terus melakukan peningkatan dan tidak lantas langsung puas pada capaian penilaian itu dan ada beberapa indikator kinerja pemerintahan yang perlu ditingkatkan lagi  untuk meningkatkan nilai SAKIP tersebut," ungkap Yan Megawandi.

Adapun cara dalam peningkatan nilai dari akuntabilitas pemerintah dijelaskan Yan Megawandi satu diantaranya melalui proses inovasi atas kerja pemerintah yang memberikan dampak baik bagi organisasi maupun publik.

“ Tadi kita sudah mendengarkan masukan dari beberapa narasumber bahwa untuk peningkatan penilaian akuntabilitas melalui proses inovasi – inovasi, melakukan perbaikan-perbaikan atas kerja setiap organisasi perangkat daerah dan pemerintah juga mengagendakan untuk dilaksanakannya paparan atas perencanaan kinerja yang menjadi target setiap OPD," kata Yan.

Masukan terkait startegi peningkatan capaian akuntabilitas pemerintah,  juga disampaikan oleh kepala bidang penyiapan perumusan kebijakan akuntabilitas aparatur Kemenpan RB, Ananda Juarsa yang sekaligus sebagai ketua tim penilai SAKIP untuk Pemprov Babel.

Dalam penjelaskannya Ananda Juarsa mengungkapkan bahwa perumusan perencanaan kinerja merupakan satu indikator dalam penilaian akuntabilitas pemerintah.

“Pastikan perencanaan kinerja dengan jelas, karena jika perencanaan kinerja ini belum pas maka akan memberikan pengaruh terhadap capaian akuntabilitas pemerintah,“ ungkap Ananda Juarsa.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Stevani
Editor: 
Mamaq