Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Gubernur Bersama Kepala Sekolah Kunjungi Samsung

JAKARTA - Tugas utama seorang pendidik adalah menyampaikan materi dan informasi kepada peserta didik secara efektif dan menarik perhatian. Sehingga dalam proses pembelajaran kepada para peserta didik diperlukan berbagai persiapan serta kreativitas dari para pengajarnya. 

Salah satunya caranya dengan menyiapkan dan mengembangkan media pembelajaran yang cocok dengan materi dan karakteristik peserta didik. Terlebih dimasa pandemi covid-19 ini, dimana proses belajar mengajar belum seratus persen Pembelajaran Tatap Muka (PTM). 

Dengan alasan tersebut, ditambah dengan kemajuan teknologi informasi yang ditandai dengan pesatnya perkembangan dunia digital, serta untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Gubernur Erzaldi Rosman bersama dengan para Kepala Sekolah SMA/SMK/MA sederajat, mengunjungi Samsung Multi-Experience Store dalam rangka meninjau display atau demo unit interactive smart display, video wall,  alat pendukung command centre dan smart city system, di TCC Batavia Tower One, Jakarta, Rabu (12/1/22). 

Gubernur bersama kepala sekolah diberikan penjelasan terkait proses belajar mengajar oleh pihak Samsung yang diintegrasikan dengan kecanggihan teknologi yang dimiliki oleh Samsung. Berbagai metode pembelajaran secara interaktif diperagakan sehingga dapat mempermudah pembelajaran baik secara tatap muka maupun jarak jauh. 

Dalam kesempatan itu, Gubernur Erzaldi mencoba beberapa fitur dari perangkat Smart TV profesional, yang bisa membaca objek suara dan gerak. 

Menurut Gubernur, saat ini perkembangan teknologi tidak dapat dipungkiri, di setiap bidang saat ini tidak terlepas dari teknologi, salah satunya adalah dibidang pendidikan. Oleh sebab itu, ia berharap para pengajar untuk semakin meningkatkan skill dan keterampilan. Bukan hanya pengetahuan yang diajarkannya, tetapi juga harus mampu menguasai teknologi agar pembelajaran menjadi efektif. 

"Sudah saatnya para guru menguasai teknologi untuk tujuan pembelajaran kepada para muridnya," ungkapnya. 

Untuk menunjang hal tersebut, saat ini di Babel telah dibentuk Balai Teknologi Informasi Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, untuk mengakomodir penguasaan teknologi di bidang pendidikan. 

"Saat ini telah dibentuk Balai Teknologi Informasi Pendidikan di Bangka Belitung, diharapkan dapat memanfaatkan maupun menciptakan perkembangan teknologi untuk kemudahan segala bidang," harapnya. 

Gubernur berharap, kedepan Samsung dapat bekerjasama dengan Pemprov Babel dalam program pengembangan proses belajar interaktif yang efisien dengan memanfaatkan kemajuan teknologi ini. 

Turut mendampingi Gubernur, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Babel M. Soleh, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Yanuar, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Babel Ervawi, beberapa Kepala Perangkat Daerah. 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Iyas Zi
Editor: 
Budi