Tingkatkan Mutu Pendidikan, Gubernur dan Wagub Sosialisasikan PISA kepada Guru Se-Belitung Timur

 

DAMAR - Segudang prestasi telah diraih oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) khususnya dibidang pendidikan. Diantaranya adalah prestasi uji kompetensi guru yang meraih peringkat 6 nasional dan uji kompetensi Kepala Sekolah di peringkat 5 nasional. Ditambah kompetensi Pengawas juga membanggakan di peringkat 4 nasional. 

Dan Ujian Nasional tahun 2019, Bangka Belitung juga merupakan salah satu dari 5 provinsi di Indonesia yang seratus persen melaksanakan ujian berbasis komputer. 

"Hal ini menunjukkan bahwa prestasi guru beserta siswa di Bangka Belitung sangat membanggakan. Ini perlu kita pertahankan dan kita tingkatkan," tegas Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman yang turut didampingi Wagub Abdul Fatah saat berdialog dengan Guru dan Kepala Sekolah Se-Belitung Timur, di SMA Negeri 1 Damar, Belitung Timur, Senin (5/4/21). 

Tak hanya itu dari segi sarana dan prasarana, Bangka Belitung berdasarkan penilaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) terhadap standar nasional pendidikan juga masuk peringkat 3 nasional. Ini menunjukkan walaupun Bangka Belitung termasuk Provinsi yang relatif baru dan merupakan provinsi kepulauan namun tidak tertinggal dibidang pendidikan. 

Gubernur mengatakan hal ini merupakan upaya dan kerja keras kita bersama, baik Dinas, Cabang Dinas maupun seluruh guru di Bangka Belitung 

"Kita berupaya terus melakukan akselerasi untuk peningkatan mutu secara keseluruhan. Hasil ini merupakan upaya dan kerja keras kita bersama, baik Dinas, Cabang Dinas maupun seluruh Guru dan Kepala Sekolah di Bangka Belitung," tegasnya. 

Sederet prestasi yang didapatkan, tak membuat puas Gubernur. Pada tahun 2021 ini Bangka Belitung bersama DKI Jakarta, DI Yogyakarta dinobatkan sebagai salah satu provinsi over sampling Programmer for Internasional Student Assessment (PISA). 

"Saya tegaskan bahwa Bangka Belitung jangan sampai mundur dari peluang untuk meningkatkan mutu pendidikan ini. Justru inilah yang akan mengangkat derajat masyarakat Bangka Belitung," tegasnya. 

Oleh sebab itu, PISA ini harus dipersiapkan ini dengan sebaik-baiknya. Gubernur yakin ditunjuknya Bangka Belitung sebagai salah satu provinsi yang menerapkan PISA ini dikarenakan tim penilai tahu prestasi apa yang telah diraih oleh bangka belitung. 

Dalam arahannya, Gubernur yang pernah mendapatkan Anugerah Dwija Praja Nugraha dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) atas inovasi dibidang pendidikan berpesan, agar dalam mendidik anak jangan seratus persen diserahkan kepada pihak Sekolah atau guru. Orang tua juga mempunyai tanggungjawab atas pendidikan anaknya. 

Kepada para siswa, Orang nomor satu di Babel ini juga berpesan agar memiliki jiwa entrepreneur. Karena jiwa tersebut akan mempengaruhi tumbuh kembangnya perekonomian setiap daerah. 

Maka Gubernur memberikan apresiasi kepada sekolah-sekolah yang berhasil memproduksi produk UMKM. Guber bersama Wagub juga turut melakukan peninjauan stand-stand yang memamerkan beraneka produk yang dihasilkan dari seluruh SMA/SMK yang ada di Belitung Timur. Gubernur mendorong UMKM hasil sekolah ini sebagai penopang bagi sekolah yang telah menerapakan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). 

Pada kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Abdul Fatah memberikan motivasi kepada para guru dan kepala sekolah. Melalui paparanya Quo Vadis Milenial Indonesia, para Guru diajak untuk menangkap dan memenangkan peluang bonus demografi yang didapat. 

"Para guru dituntut untuk senantiasa berubah sesuai dengan perkembangan zaman untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan," pesannya

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Babel, M.Soleh menjelaskan dalam rangka mempersiapkan over sampling PISA untuk meningkatkan daya saing global, saat ini Tim PISA datang ke Bangka Belitung akan melakukan uji coba terhadap 10 sekolah yang kemudian akan dievaluasi.  

Selanjutnya bulan Agustus akan didaftarkan ke organisasi antar bangsa untuk kerjasama ekonomi dan pembangunan (OECD) yang berbasis di Paris Perancis. Setelah bulan September didaftarkan maka bulan Oktober hingga Januari 2022 akan dipersiapkan Try Out ataupun ujicoba dalam persiapan assesment PISA yang dilaksanakan pada bulan Maret atau April 2022. Untuk itu, Kadis Pendidikan M.Soleh meminta dukungan semua pihak untuk kesuksesan program ini. 

"Mohon doanya semoga bangka belitung bisa berkontribusi untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional di tingkat internasional," harapnya 

Gubernur bersama Wagub juga berkesempatan melakukan penandatanganan 12 buku karya literasi SMA Negeri 1 Manggar serta membagikan penghargaan bagi Siswa dan Guru berprestasi.

Turut hadir dalam kegiatan ini Bupati Belitung Timur, Burhanudin, dan pejabat di lingkungan Pemprov. Kep. Bangka Belitung dan Pemkab. Belitung Timur. 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Umar
Editor: 
Budi