Tingkatkan Pemahaman Keselamatan dan Perlindungan Lingkungan Laut, BMKG-Stasiun Meteorologi Depati Amir Pangkalpinang Adakan Sekolah Lapang Nelayan

Pangkalpinang –  Sebanyak 25 ASN tenaga penyuluh perikanan di lingkungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten di Pulau Bangka hari ini Rabu (10/04) di Hotel Soll Marina mengikuti pembekalan disiplin ilmu klimatologi melalui sekolah lapang nelayan yang diselenggarakan oleh Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Pangkalpinang.

Kegiatan sekolah lapang nelayan  dibuka oleh Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Kep. Bangka Belitung Yan Megawandi yang turut dihadiri oleh jajaran Stasiun BMKG Pangkalpinang.

Dalam sambutannya, Sekda menyatakan bahwa melalui disiplin ilmu khususnya tentang ilmu klimatologi yang diperoleh para tenaga penyuluh dari sekolah lapang nelayan dapat meningkatkan pemahaman para penyuluh perikanan tentang keselamatan pelayaran yang akan disampaikan kepada para nelayan.

“ Paradigma  awalnya adalah paradigma keselamatan, pemahaman mengenai keselamatan dan perlindungan lingkungan maritim atau kelautan dan keselamatan  itu antara lain kita peroleh dengan data dukung cuaca, data dukung kondisi lingkungan yang itu diproduksi oleh BMKG dan Dinas Lingkungan Hidup,” ungkap Sekda.

Selain pemahaman mengenai keselamatan pelayaran, melalui kegiatan sekolah lapang nelayan diungkapkan Sekda para penyuluh juga akan mendapatkan pemahaman mengenai lingkungan laut dalam kaitannya dengan upaya untuk mendukung peningkatan produktifitas hasil maritim atau kelautan.

“karena itu  peran penting  dari sekolah  nelayan selain untuk menjaga keselamatan nelayan seperti tagline kegiatan ini yaitu baca dan pahami cuaca untuk keselamatan untuk kita semua, tapi kita ingin lebih maju lagi mengembangkan paradigma keselamatan itu menuju ke paradigma kesejahteraan, caranya bagaimana yakni DKP bekerjasama dengan BKMG untuk membekali para nelayan agar tahu dimana lokasi dan kapan produk-produk perikanan bisa ditangkap untuk lebih efisien dan efektif,”ungkap Sekda.

Adapun materi pembekalan yang akan diberikan kepada para penyuluh diantaranya mengenai disiplin ilmu klimatologi atau produk-produk BMKG mengenai kondisi iklim dan cuaca berlangsung hingga tanggal 11 April 2019.  Pada kegiatan tersebut juga dilakukan penandatangan kerjasama antara BMKG dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Pemprov Babel serta dengan Dinas Lingkungan Hidup Pemprov Babel.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Stevani
Fotografer: 
Stevani
Editor: 
Fitra