Tingkatkan Perekonomian Desa, Gubernur Erzaldi ajak Bumdes se_Babel Kembangkan Berkah Mart

Pangkalpinang-Bersumber dari APBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Gubernur Babel memberikan bantuan ke desa lewat program berkah mart. Erzaldi berharap berkah mart ini dapat dikembangkan di desa sehingga berkembang dan mampu meningkatkan perekonomian desa.

Tahun 2018 sebanyak 61 desa yang sudah mendapat bantuan ini dan dana yang telah dikucurkan sebanyak Rp. 6,1 Miliar dan 2019 sebanyak 169 desa dengan kucuran dana sebesar Rp. 16,9 Miliar.
Kegiatan ini dihadiri oleh staf Khusus Gubernur, Kepala desa dan Direktur Bumdes Penerima bantuan yang bertujuan untuk memberikan arahan dan pemahaman kepada penerima bantuan gubernur terhadap program berkah mart di ruangan pasir padi Kantor Gebernur Kep. Babel.  Jumat (13/12/19).

Lebih lanjut erzaldi menginginkan berkah mart nantinya menjual barang yang dibutuhkan masyarakat dengan harga yang lebih murah dan harga jual yang sama  dimana di berkah mart nantinya akan menjual beras dari desa Rias, minyak kelapa dan gas. Pemerintah Provinsi Babel telah bekerjasama dengan Telkom untuk mengatasi internet desa sehingga nantinya tidak ada desa yang sinyal internetnya lemah.

Yang terpenting dari kemajuan berkah mart ini ekonomi masyarakat dapat bergerak dan melakukan sesuatu tidak mendadak, harus ada perencanaan dan kreatif. Apabila ada desa yang tidak mengajukan maka tinggalkan saja.'ungkapnya.

Erzaldi dalam arahannya menjelaskan mengenai sistem pengelolaan program berkah mart ini Pemerintah Provinsi selalu berusaha memperbaiki sistem yang kurang baik dan sekarang sistem sudah dibuat oleh profesor dan sudah bekerjasama dengan distributor di Jakarta.
Erzaldi juga menginginkan masyarakat di desa untuk rajin-rajin sholat subuh, karena ada pembagian kupon diskon yang diberikan kepada masyarakat yang sholat subuh. Dimana kupon diskon itu berlaku untuk berbelanja di berkah mart.

Sebelumnya Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat dan desa Babel, Yuliswan mengatakan dari 169 desa yang mendapat bantuan berkah mart Tahun 2019 ada 7 desa yang tidak melakukan pengajuan proposal dengan alasan belum ada persiapan tempat untuk mendirikan berkah mart.

Yuliswan menekankan kepada seluruh kepala desa dan direktur Bumdes untuk memanfaatkan bantuan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa di Babel dan mendengarkan arahan Gubernur sehingga mengerti tujuan dan fungsi dari berkah mart.

Sumber: 
DPMD Babel
Penulis: 
Ratna