Tingkatkan Potensi Guna Mencapai Tujuan pembangunan

Pangkalan Baru- Tujuan Pembangunan yaitu meningkatkan potensi serta tindakan manusia, dimana potensi dan tindakan mencerminkan kapabilitas, sedangkan esensi kunci sebagai kapabilitas manusia, income adalah cara, tapi kapabilitas melebihi income, ungkap Harry Gunardi selaku Riset Leader United Nations Development Programe (UNDP) Indonesia,saat menyampaikan Presentasi pada acara Workshop Penentuan Tema PHDR Provinsi kepulauan Bangka Belitung,  selasa (7/5/2013) di Hotel Aston PangkalanBaru Bangka Tengah.

“Ada tiga hal Pembangunan manusia Provinsi , pertama relasi dengan variable kunci yaitu pendapatan, kemiskinan serta ketimpangan, kedua institusi tatakelola yang terdiri dari pemerintah selaku pembuat kebijakan, Birokrasi selaku pelaksana kebijakan, sedangkan masyarakat sipil sebagai partisipasi warga dan demokrasi merupakan hak sipil dan hak politik. yang terakhir atau ketiga yaitu geografi dan sumber daya alam (SDA) yang terdiri dari Latitude dan jarak dari Jakarta, serta kehutanan dan pertambangan”.

Lebih jauh ia menjelaskan laporan pembangunan manusia terdiri dari lima yaitu pertama status terkini pembangunan manusia, kedua consensus pemangku kepentingan, ketiga agenda advokasi tematik, keempat agenda perencanaan dan penganggaran, sedangkan yang kelima yaitu agenda aksi,jelasnya (7/5/2013).

Konsep dan konteks pembangunan manusia terdiri dari empat Functioning being and doings, yaitu pertama elementer yaitu morbiditas, mortalitas dan nourishment, kedua kompleks merupakan penghormatan diri dan partisipasi, ketiga general yaitu kemampuan untuk mencukupi kebutuhan pada umumnya, keempat spesifik adalah kemampuan untuk mencukupi kebutuhan tertentu.

Adapun agenda Pembangunan Manusia Provinsi yaitu Implikasi dan agenda 4Gs, implikasi terbagi menjadi tiga yaitu pembangunan manusia berkolerasi dengan outcome pembangunan provinsi lain, kedua pembangunan manusia dijelaskan oleh mutu tata kelola Provinsi, ketiga yaitu geografi dan sumber daya alam penting. Sedangkan agenda 4Gs terdiri dari pertama GRDP dan Gini, kedua Governance, ketiga adalah Geography

Indeks pembangunan manusia (IPM), menurutnya bagaimana membuat beings dan doings itu menjadi terukur, terdata serta terbandingkan, adapun dimensi beings dan doings merupakan kehidupan, pengetahuan dan pekerjaan, yang meliputi hubungan social, partisipasi serta harmoni dengan lingkungan,ungkapnya.(adit)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Adit