Ucapkan Dirgahayu Beltim Ke-17, Wagub Berpesan Untuk Menjaga Keadaan Tetap Kondusif Pada Pilkada 2020 Mendatang.

MANGGAR - Tanggal 27 Januari, tujuh belas tahun lalu merupakan hari bersejarah bagi Kabupaten Belitung Timur, pasalnya pada tanggal tersebut Kabupaten Belitung Timur terbentuk.

Guna memperingati hari besar tersebut, maka Rapat Paripurna Istimewa I, Masa Persidangan I Hari Jadi Kota Belitung Timur XVII diselenggarakan di Gedung DPRD Beltim, Senin (27/01). Kegiatan dihadiri oleh para tamu undangan yang memakai pakaian adat.

Rapat paripurna dibuka oleh Ketua DPRD Kabupaten Belitung Timur, Fezzi Uktolseja. 
Ia mengatakan bahwa peringatan Hari Jadi Kabupaten Belitung Timur ke-17 merupakan pengingat bagi masyarakat dan khususnya kepada para pemangku kepentingan dalam merefleksikan kembali perjalanan serta agenda pembangunan daerah. “Peringatan hari jadi yang diperingati setiap tahun, diharapkan mampu memberikan makna penting dalam komponen masyarakat Beltim untuk menjadi kabupaten maju, unggul, dan sejahtera,” ungkap Fezzi Uktolseja.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Belitung Timur, Yuslih Burhanudin, di depan tamu undangan menyampaikan pencapaian dan penghargaan-penghargaan yang diraih oleh Kabupaten Beltim dalam kurun waktu 17 tahun tersebut. 

Berbagai pencapaian tersebut diantaranya  adalah Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) yang merupakan salah satu program dalam rangka reformasi birokrasi yang mencapai 63,47% dan berada pada peringkat B di tahun 2018. Selain itu, sejak tahun 2013 hingga 2019, Beltim mendapatkan penghargaan Kabupaten Peduli HAM. Pada bidang pendidikan, Pemkab Beltim menganggarkan 25,96% dan kesehatan 11,80%, hal ini melampaui ketentuan pemerintah pusat yang menganggarkan minimal 20% untuk pendidikan dan 10% untuk kesehatan. 

Sedangkan dalam bidang lingkungan hidup,  Pemkab Beltim mendapatkan Piala Adipura yang diraih tiga tahun berturut-turut dari tahun 2015-2017. Ia pun berharap piala adipura dapat diraih kembali.

Dalam rangka Dirgahayu Kabupaten Belitung Timur, Wakil Gubernur Abdul Fatah mengucapkan selamat dan mengapresiasi Pemkab Beltim. Berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri yang menunjukkan hasil evaluasi yang cukup baik dalam Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD), Pemkab Beltim berada di peringkat 148 dari 415 kabupaten secara nasional.

Lebih lanjut, Wakil Gubernur Abdul Fatah mengingatkan mengenai persiapan agenda politik dalam negeri, di mana dalam waktu dekat akan ada 9 provinsi, 214 kabupaten, dan 37 kota yang turut berpartisipasi dalam Pilkada 2020. Untuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sendiri akan ada empat kabupaten yang ikut berpartisipasi, yaitu Bangka Tengah, Bangka Selatan, Bangka Barat, dan Belitung Timur.

Untuk itu, beliau mengimbau dan berpesan untuk tetap menjaga berjalannya demokrasi dalam keadaan kondusif. “Mari kita senantiasa menjaga agar tetap kondusif dengan menaati kaidah-kaidah sebagaimana kita harus berperilaku dan bertindak dalam suasana tersebut,” pesan Abdul Fatah menutup sambutannya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Khalimo
Fotografer: 
Rafiq Elzan
Editor: 
Uki