UMP Bangka Belitung Rp2,5 Juta

Pangkalpinang – Upah Minimum Provinsi (UMP) Bangka Belitung sebesar Rp2.534.673. Jumlah upah yang diterima pekerja ini diberlakukan terhitung tanggal 1 Januari 2017. Adapun penghitungan penetapan upah minimum berdasarkan perkalian antara inflasi dan PDB nasional.

Demikian dikatakan Yuswandi A Temenggung Plt. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung saat konferensi pers di ruang rapat Tanjungpendam, Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (1/11/2016). “Ini berdasarkan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI Nomor 7 Tahun 2013 tentang Upah Minimum,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, setiap tanggal 1 November Gubernur di seluruh Indonesia menetapkan UMP tersebut. Ia mengatakan, keputusan Gubernur mengenai UMP ditetapkan melalui rangkaian pembahasan bersama dewan upah provinsi dan pihak-pihak terkait lainnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, keputusan ini berdasarkan peraturan perundang-undangan yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan. Ketetapan UMP sudah mengikuti prosedur regulasi perundang-undangan.

“Penetapan upah tidak hanya mengenai nominal angka, tetapi juga mengatur persoalan lainnya termasuk sanksi,” kata Yuswandi.

Hal senada disampaikan Didik Suprapto Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Menurutnya, UMP yang ditetapkan Gubernur sudah ada formulasinya di dalam PP Nomor 78 Tahun 2015. Jika ke depan terdapat keluhan, itu menjadi urusan masing-masing perusahaan.

“Jika nanti terjadi PHK, harus mengikuti prosedur. Seperti penangguhan yang diatur Kepmenaker Nomor 231 Tahun 2003. Pegawai yang di-PHK diberikan pelatihan sesuai bakat masing-masing. Sejauh ini UMP untuk tahun 2017 tidak terlalu tinggi dan masih bisa dijalankan,” harapnya.

Sumber: 
Diskominfo Babel
Penulis: 
Suci Lestari
Fotografer: 
Nona Dian Pratiwi
Editor: 
Huzari | Adi Tri Saputra