Unsur 3S Tetapkan Destinasi Pariwisata Prioritas

Pangkalpinang - Deputi Pengembangan Destinasi Pariwisata, Kementerian Pariwisata RI, Dadang Rizki Ratman mengatakan bahwa ditetapkannya suatu provinsi sebagai destinasi pariwisata prioritas didasarkan 3S.
 
“Suatu provinsi bisa ditetapkan sebagai destinasi pariwisata prioritas, dilihat dulu unsur 3Snya. Size, jumlah wisatawannya tinggi tidak? Yang kedua Sustain, bagaimana pertumbuhan pariwisatanya. Dan Spread, berapa banyak pengeluaran wisatawannya,” jelas Dadang saat membuka Workshop Koordinasi Program Pariwisata dan Perkembangan 3A di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Bangka Belitung), di Hotel Soll Marina - Bangka Tengah, Selasa (19/2/2019).
 
Dadang menjelaskan data 3S tersebut memegang peranan yang sangat penting.
 
“Kita harus tahu progres pariwisata di derah kita sendiri. Data kunjungan harus jelas dan update. Jumlah wisatawan sangat penting karena wisatawan costumer kita. Mereka belanja di daerah kita. Jumlahnya dibanding setiap tahun untuk melihat data pertumbuhan,” jelasnya.
 
Kembali dikatakan Dadang bahwa data pertumbuhan pariwisata yang update juga menjadi dasar investasi pihak swasta.
 
“Baik kunjungan, pertumbuhan pariwisata, dan pengeluaran wisatawannya harus didata. Ini yg paling dicari oleh swasta. Investor melihat data, apalagi datanyanya bagus, langsung bangun,” katanya.
 
Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bangka Belitung, Rivai menyampaikan kondisi pariwisata di Bangka Belitung.
 
“Awal tahun ini, bukan Bangka Belitung saja yang berhadapan dengan harga tiket pesawat yang tinggi, dan itu juga berpengaruh pada pariwisata di Bangka Belitung.  Tapi, alhamdulillah saya masih melihat 4 bus yang penuh wisatawan China di Belitung, yang mana artinya kita masih bertahan dengan kondisi ini,” 
 
Rivai juga menyampaikan bahwa pihaknya telah melaksanakan FGD (Focus Group Discussion) Pengembangan Pariwisata untuk membahas hal tersebut.
 
“Kami sudah melaksanakan FGD Pengembangan Kepariwisataan dengan para pemangku kepentingan pariwisata untuk membahas kondisi pariwisata sekaligus menghimpun isu-isi strategis yang ada di Bangka Belitung,” sampainya.
 
Workshop yang bertujuan untuk mengkoordinasikan program dan mengetahui perkembangan pariwisata dari unsur 3A ini diikuti oleh perwakilan Disbudpar kabupaten/kota se-Bangka Belitung. 
 
Diharapkan, data perkembangan pariwisata dapat memberikan informasi dalam rangka memajukan pariwisata di seluruh nusantara.
 
 
Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ernawati Arif (Pranata Humas Disbudpar Babel)
Fotografer: 
Ernawati Arif (Pranata Humas Disbudpar Babel)
Editor: 
Fitra