Upacara Hari Guru Nasional, Sekda Babel Baca Pesan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI

PANGKALPINANG - Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Sekda Babel), Naziarto, memimpin secara langsung Upacara Peringatan Hari Guru Nasional tahun 2020, di Halaman Kantor Gubernur Kepulauan Babel, Rabu (25/11/20).

Dalam arahannya, Sekda Babel Naziarto menyampaikan sambutan tertulis Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim.

Tahun ini masyarakat Indonesia memperingati Hari Guru Nasional dalam situasi pandemi Covid-19. Sistem pendidikan di seluruh dunia, terkena dampak langsung.

Data UNESCO mencatat lebih dari 90% atan di atas 1,3 miliar populasi siswa global harus belajar dari rumah. Akibat pandemi pula, jutaan pendidik dituntut untuk bisa melakukan pembelajaran jarak jauh atau belajar dari rumah.

Sekda Naziarto menjelaskan, hal ini dilakukan agar masyarakat dapat menjaga diri dari potensi terkena virus sekaligus memutus rantai penularan Covid-19. 

"Saya sangat percaya bahwa selalu ada hikmah dari setiap peristiwa yang terjadi. Banyak pemangku kepentingan di bidang pendidikan bahu-membahu, bergotong royong mengatasi kompleksitas situasi yang belum pernah terbayangkan sebelumnya," ungkapnya.

Selain pemangku kepentingan, para orang tua juga aktif terlibat serta guru meningkatkan kemampuan mengajarnya dan beradaptasi di masa pandemi ini.

"Saya berharap seluruh insan pendidikan menjadikan situasi pandemi ini sebagai laboratorium bersama untuk menempa mental pantang menyerah dan mengembangkan budaya inovasi. Saya juga mengajak semua pihak melanjutkan kolaborasi yang telah terbentuk," ujarnya.

Untuk mendukung pembelajaran di masa pandemi, berbagai kebijakan dan program kami dibuat seperti, bantuan kuota data internet, fleksibilitas penggunaan dana BOS, pengalokasian BOS afirmasi dan BOS kinerja untuk bantuan Covid-19 di sekolah negeri dan swasta yang paling terdampak pandemi Covid-19, bantuan subsidi upah untuk guru dan tenaga kependidikan non-PNS, kurikulum darurat, program guru belajar, laman guru berbagi, program belajar dari rumah TVRI, seri webinar masa pandemi, dan sebagainya. 

Melalui sambutannya, Menteri Nadiem Anwar Makarim menyampaikan terima kasih yang tak terhingga bagi bapak dan ibu guru yang telah mengorbankan waktu, tenaga, bahkan bagian dari hidupnya sendiri demi murid- murid tercinta. 

Upacara dihadiri oleh Asisten Bidang Administrasi Umum, perwakilan Forkopimda Babel, pejabat eselon II di Lingkungan Pemprov Babel, kepala sekolah SMA/SMK/MA, perwakilan ASN di Lingkungan Pemprov Babel, dan pelajar SMA/SMK/MA.

Usai upacara, Sekda Babel menyerahkan piagam kepada 4 siswa berprestasi tingkat nasional tahun 2020 yang telah mengikuti cabang Lomba Cipta dan Baca Puisi Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Anak Berkebutuhan Khusus Tahun 2020, Cabang Lomba Kecantikan SMALB Lomba Keterampilan Siswa Nasional (LKSN) Anak Berkebutuhan  Khusus Tahun 2020, Cabang Lomba  Kriya Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tahun 2020, dan Cabang Lomba Informatika Kompetisi  Sains Nasional (KSN-SMA).

Sumber: 
Dispen
Penulis: 
Meilia
Fotografer: 
Meilia
Editor: 
Listya