UPTD Balai Pemuliaan Ikan Tanjung Kerasak jadi Wadah Edukasi Praktikum SMKN I Tukak Sadai

Toboali – Guna menjalin kerja sama dibidang Perikanan Budidaya Ikan Air Payau, SMKN 1 Tukak Sadai, Toboali melakukan kegiatan kunjungan Praktikum ke Balai Pemuliaan Ikan Air Payau Tanjung Kerasak, Toboali Bangka Selatan, Selasa (17/9). Maksud dari kunjungan ini yaitu  agar siswa SMK dapat mengetahui dengan mengamati dan menganalisa dengan langsung praktek dilapangan tentang Cara Budidaya Udang yang Baik sesuai dengan Standard Prosedur Operasional.

Kedatangan rombongan SMKN I Tukak Sadai yang berjumlah 27 orang beserta seorang Guru Prodi Perikanan tersebut disambut baik oleh pihak Balai Pemuliaan Ikan yang bernaung dibawah Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bangka Belitung. Adalah Fajar, Guru Pembimbing yang mengawasi langsung proses praktikum para pelajar mulai dari cara penyebaran Benih Udang, Pembesaran, Cara memberi pakan udang yang baik, serta  berbagai aktivitas rutin yang dilakukan pegawai Balai Pemuliaan Ikan yang sudah berpengalaman dibidang masing-masing. 

“Harapannya dengan adanya kunjungan Praktikum ini, pihak Balai dapat menjadi wadah  edukasi  didunia Pendidikan khususnya siswa SMK dengan menggali ilmu dan mengasah keterampilan dibidang Perikanan Budidaya. Semoga dengan adanya sinergitas antara kedua belah pihak nantinya dapat menciptkan Sumber daya manusia  yg handal dan berdaya saing serta mengembangkan Teknologi Budidaya yg modern, ramah lingkungan dan berkelanjutan.industri sebagai upaya untuk memberikan wawasan apabila sewaktu-waktu mereka dipercayakan bekerja diperusahaan atau instansi yang membutuhkan latar pendidikan Perikanan Budidaya”, kata Fajar dilokasi Praktikum Bidang Pembesaran Udang.

Selama kegiatan berlangsung, para pelajar diberi pengenalan mengenai berbagai proses mulai dari kebersihan kolam, tata cara penyebaran benih udang/ikan yang baik, pemberian pakan udang, sampai proses pembesaran. Dan mereka diberi kesempatan bertanya terkait produk hasil dari Balai yang sedang di ternakkan. Dengan antusias para pelajar yang sudah dibagi dalam berapa kelompok itu menanyakan dan mencatat apa yang telah mereka dapat dari hasil kunjungan tersebut.

Harapan yang sama  diungkapkan Sutarso, Kasubbag Tata Usaha  UPTD Balai Pemuliaan Ikan Tanjung Kerasak, bahwasanya Pihak Balai sangat apresiasi sekali dengan adanya kunjungan Praktikum  SMKN I Tukak Sadai ini. Karena ini kali pertama, UPTD Balai Pemuliaan Ikan mendapat kunjungan dari pelajar yang ingin melakukan praktikum. Semoga kedepannya dengan pengalaman dan ilmu yang telah didapat dari hasil analisa langsung praktek dilapangan tentang cara budidaya ikan yang baik dapat menambah ilmu pengetahuan di bidang perikanan budidaya. (Reni Pebrianti - Pranata Humas DKP)

Sumber: 
DKP Babel
Penulis: 
Reni Pebrianti