Wagub Abdul Fatah Buka Diklat Untuk Kembangkan Potensi Guru

PANGKALPINANG - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah membuka kegiatan diklat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Berbasis Peserta Didik (PKB BPD) Angkatan II jenjang SD, SMP, dan SMA secara virtual di Ruang Rapat Wagub Kepulauan Babel, Senin (21/9/20).

Wagub Abdul Fatah yang menyambut baik kegiatan ini menaruh harapan yang tinggi terhadap program ini karena ini menjadi awal untuk mengedepankan profesionalitas guru di Indonesia.

Dalam penjelasannya, hakikat diklat ini adalah meningkatkan layanan mutu pendidikan dan kompetensi guru dalam mengembangkan keterampilan instruksional serta pengetahuan materi guru SD, SMP, dan SMA. 

Dirinya menuturkan beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pendidikan yang pertama adalah para guru, lingkungan, teknologi, dan sistem pembelajarannya. 

"Sistem pembelajaraan saat ini seperti yang kita ketahui terjadi pergeseran. Kita yang berada pada tataran transformasi konvensional yang biasanya belajar melalui tatap muka tapi kemudian bertransformasi menjadi pertemuan virtual," ungkap Wagub Abdul Fatah.

Menurutnya, jika kompetensi guru tidak menjadi perhatian kita semua, maka nilai tambah tidak akan berkembang. Jika tidak dikembangkan maka, selamanya akan berkutat pada titik tersebut.

"Namun dengan adanya program PKB BPD ini, saya yakin apa yang dimiliki, apa yang sudah dikuasai dan pengetahuan yang dimiliki para guru akan menjadi berkembang," ungkapnya.

Pada kesempatan ini, dirinya juga menginginkan guru dan tenaga pendidik serta warga satuan pendidikan tetap terlindung dari dampak buruk Covid-19, dengan mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 di klaster pendidikan, komunitas guru, dan tenaga kependidikan.

Wagub Abdul Fatah juga menginginkan terpenuhinya dukungan psikososial bagi pendidik dan tenaga kependidikan yang bermuara pada dukungan psikososial peserta didik dan orang tua wali murid yang ada di rumah.

"Mari ambil makna program ini dengan memberikan perhatian khusus dan mencermati. Menyimak berbagai hal-hal yang disampaikan pada webinar ini dengan sebaik-baiknya," pungkas Wagub Fatah.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Lisia Ayu
Fotografer: 
Iyas Zi
Editor: 
Listya