Wagub Abdul Fatah : Laksanakan Hasil Kesepakatan Rakor Untuk Babel Lebih Baik

Toboali - Dalam upaya menjalankan roda pemerintahan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang lebih baik, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung menggelar rapat koordinasi bersama walikota dan bupati se-Babel tahun 2020 yang berlangsung di Gedung Serba Guna Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, dari 21-23 Januari 2020.

Pembukaan Rapat Koordinasi Gubernur secara resmi dibuka oleh Wakil Gubernur yang diwakili Pj. Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yulizar Adnan. Dalam sambutannya, Kabag Otonomi Daerah, Erwanto mengatakan terdapat sembilan isu yang akan dibahas, diantaranya : 
1.    Penambahan jaringan telekomunikasi sampai ke desa-desa
2.    Pengembangan infrastruktur jalan dan pengerukan alur muara sungai serta pajak penerangan jalan
3.    Percepatan penepatan kawasan TPA regional
4.    Aksesbilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) melalui penguatan tata kelola database KUKM di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
5.    Optimalisasi pemanfaatan lahan sawah tidur dan penyempurnaan saluran irigasi
6.    Peningkatan penyelenggaraan event pariwisata skala nasional dan internasional di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
7.    Reformasi pelayanan kesehatan dan pencapaian SPM di bidang kesehatan
8.    Perumusan kebijakan perencanaan dan penganggaran yang responsif gender (PPRG) guna mewujudkan keadilan gender dan komitmen jaminan pemenuhan hak dan perlindungan anak
9.    Penguatan peran BUMDes dalam meningkatkan ekonomi di desa.

Bupati Bangka Selatan, Justiar Noer, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh peserta rapat koordinasi teknis, baik dari tingkat provinsi maupun dari kabupaten/kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Semoga melalui rapat koordinasi teknis yang kita laksanakan ini, akan lebih meningkatkan koordinasi pemerintahan dalam rangka peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan daerah secara menyeluruh. 

Dirinya berharap, tujuan koordinasi teknis OPD Provinsi Kep. Bangka Belitung dengan OPD Kabupaten/Kota se-Babel tahun 2020 dengan tema “Pemberdayaan Sumber Daya Alam Dalam Rangka Mendorong Pertumbuhan dan Pemerataan Berbasis Ekonomi” adalah agar tercapainya sinkronisasi kebijakan pembangunan antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota melalui peningkatan koordinasi antara masing-masing pemerintah.

Sementara itu, Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang diwakili Pj. Sekda Provinsi, Yulizar Adnan dalam sambutannya mengatakan 9 (sembilan) isu yang menjadi pembahasan kita pada kesempatan ini nantinya akan dibawa ke dalam rapat yang lebih tinggi untuk dipertimbangkan oleh pemangku kebijakan kita yaitu gubernur dengan bupati dan walikota. 

Lebih jauh dijelaskan, selain 9 (sembilan) isu yang dimaksud di atas, ada beberapa pemaparan yang akan disampaikan oleh perangkat daerah provinsi, guna sinkronisasi pelaksanaan pembangunan di Provinsi Kep. Bangka Belitung, antara lain:
1.    BAPPEDA
2.    BAKUDA
3.    Dinas Kelautan dan Perikanan
4.    Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang 
5.    Biro Kesehatan Rakyat.

Dirinya berharap, rapat ini mampu memberikan dampak positif terhadap upaya menyamakan persepsi dan tindakan serta kita berkomitmen untuk menghasilkan suatu kesepakatan yang nantinya akan kita laksanakan serta di sepakati bersama.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Hasan
Fotografer: 
tyo
Editor: 
uki