Wagub Abdul Fatah Lantik 45 Jabatan Fungsional di Lingkup Pemprov. Babel

PANGKALPINANG - Sebanyak 45 pegawai di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov. Babel) dilantik dan diambil sumpah sebagai Jabatan Fungsional Tertentu (JFT). 

Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan oleh Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah, di Ruang Pasir, Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (4/12/20).

Disaksikan oleh Kepala Biro Umum Setda Babel, Burhanuddin dan Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Babel, Darlan pelantikan berjalan lancar dan khidmat. 

Wagub Abdul Fatah, dalam arahannya saat pelantikan menyampaikan, saat ini telah terjadi pergeseran antara jabatan struktural dan fungsional tertentu bagi Aparatur Sipil Negara. 

Dengan keluarnya Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang Perubahan Undang-undang Nomor 8 tahun 1974 tentang Pokok-pokok Kepegawaian yang menyebutkan bahwa ada dua jabatan karier PNS yaitu jabatan struktural dan jabatan fungsional, mempertegas Jabatan fungsional ini. Namun demikian jabatan fungsional ini belum diminati, walaupun Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN dikeluarkan. 

Lalu, pada tahun 2020, pergeseran minat ke jabatan fungsional ini telah terjadi. Para pegawai berlomba-lomba beralih ke jabatan fungsional dikarenakan adanya wacana arah kebijakan di tahun 2021 yang mengedepankan jabatan fungsional. 

Dengan pelantikan hari ini, Wagub Abdul Fatah menjelaskan mereka telah menangkap peluang lebih cepat adanya peraturan tersebut. Ini menurutnya juga suatu hal yang cukup positif. 

Menurutnya, dari segi tanggung jawab, jabatan struktural dan fungsional itu sama. Bahkan di jabatan fungsional dituntut penerapan kemampuan seorang pegawai. Dengan adanya angka kredit yang harus dikumpulkan menjadi tolak ukur pendapatan yang diterima dan mempengaruhi karir pgawai. 

"Semua berpulang dari diri kita sendiri. Mari kita syukuri keberadaan kita hari ini, dan kita jalankan dengan profesional dan penuh tanggung jawab," ungkap Wagub Abdul Fatah.

Semua itu pada ujungnya nanti akan dirasakan oleh masyarakat yang mendapat pelayanan dari para ASN ini. 

Usai acara, Wagub Abdul Fatah memberikan selamat kepada para pegawai JFT yang dilantik, dengan memperhatikan protokol kesehatan.
 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Rafiq
Editor: 
Listya Anindita