Wagub Apresiasi DPRD Yang Telah Menghelat Rapat Paripurna Pembentukan Kabupaten Bangka Utara

Pangkalpinang – DPRD menggelar Rapat Paripurna Persetujuan Bersama Pembentukan Daerah Otonomi Baru. Rapat ini dihadiri oleh mantan Gubernur Provinsi Kep. Bangka Belitung, Hudarni Rani, anggota DPR RI Dapil Babel, Bambang Patijaya, dan juga masyarakat Belinyu serta Riau SIlip. Dalam rapat tersebut, seluruh fraksi memberikan pandangan akhir,  yang menyatakan sangat setuju dan mendukung dibentuknya Kabupaten Bangka Utara.

Untuk itu, Wakil Gubernur Abdul Fatah, menyampaikan apresiasinya kepada anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang telah menggelar Rapat Paripurna Persetujuan Bersama Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB). “Saya mengapresiasi tinggi kepada  DPRD Babel yang telah menghelat acara ini sebagai salah satu upaya bersinergi dalam percepatan proses pembentukan daerah otonomi baru Bangka Utara,” ungkapnya di ruang rapat paripurna kantor DPRD Babel, Jumat (17/01).

Disampaikan oleh Wakil Gubernur Abdul Fatah, percepatan pembangunan Kabupaten Bangka Utara menjadi agenda strategis yang dapat memacu peningkatan pelayanan dalam bidang kesehatan, pendidikan, infrastruktur, dan pelayanan masyarakat.

Pembentukan atau pemekaran daerah otonomi baru ini berdasarkan Undang-Undang No. 23 Tahun 2014, tentang Pemerintahan Daerah, yang mengalami pergeseran dari Undang-Undang No. 32 Tahun 2004, tentang Pemerintahan Daerah.

“Dalam pembentukan Kabupaten Bangka Utara sebelum menjadi kabupaten otonom, terlebih dahulu harus melalui pembentukan daerah persiapan kabupaten, dan harus memenuhi persyaratan dasar dan persyaratan administratif,” jelas Wakil Gubernur Abdul Fatah.

Lebih lanjut, beliau menjelaskan beberapa persyaratan dasar yang meliputi luas wilayah minimal, jumlah penduduk minimal, batas wilayah, batas minimum daerah secara empirik telah memenuhi syarat. Beliau yakin bahwa calon daerah Kabupaten Bangka Utara, memiliki kemampuan ekonomi untuk dapat berkembang bagi kesejahteraan masyarakat Bangka Utara.

Penulis : Kalimo
Foto :
Editor : Uki

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Kalimo
Fotografer: 
Ilya Zi
Editor: 
uki