Wagub Babel Targetkan Nilai A Capaian SAKIP dan RB Tahun 2021

PANGKALPINANG - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Wagub Babel), Abdul Fatah menargetkan nilai A untuk pencapaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) Babel tahun 2021.

Harapan ini disampaikan Wagub Abdul Fatah saat membuka Kegiatan Coaching Clinic Evaluasi SAKIP dan RB di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, di Ruang Pertemuan Pasir Padi Kantor Gubernur, Senin (27/9/21). 

Dijelaskan wagub, penilaian SAKIP merupakan integrasi dari sistem perencanaan, penganggaran, dan pelaporan kinerja. Dalam penilaian itu, dapat dilihat bagaimana perencanaan dari sebuah program kegiatan yang dilakukan terukur atau tidak. Selain itu, dilihat juga dari pengukuran kinerja dan pelaporan, hingga capaian kinerjanya. Sedangkan RB sendiri berkaitan dengan delapan areal perubahan yang harus disesuaikan dan dilaksanakan. 

Oleh sebab itu, Wagub Abdul Fatah mengatakan, bahwa untuk mencapai target dalam pencapaian SAKIP dan RB, harus disesuaikan dengan rekomendasi dari laporan hasil evaluasi SAKIP dan RB tahun sebelumnya yang meliputi, penyempurnaan kualitas sasaran strategis Perangkat Daerah (PD), penyempurnaan cascading, pemanfaatan aplikasi manajemen kinerja, penyusunan peta proses bisnis, monitoring dan evaluasi kinerja secara berkala, serta pembinaan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) Kabupaten/Kota. 

Dengan adanya perbaikan-perbaikan yang dilakukan, yang kemudian dipertajam melalui kegiatan Coaching Clinic, maka masing-masing PD di lingkup Pemprov. Babel, dapat menyusun program dan kegiatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

"Saya yakin, dengan kebersamaan seluruh Perangkat Daerah, dan saling melengkapi kekurangan melalui Coaching Clinic ini, maka apa yang kita targetkan akan dapat tercapai," harap wagub. 

Selaras dengan hal tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Babel, Naziarto menyampaikan, bahwa melalui Coaching Clinic SAKIP dan RB, Babel dapat mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan penambahan maupun kekurangan-kekurangan yang ada di setiap PD. 

"Dengan demikian, target yang ditetapkan yaitu tercapainya nilai A dalam pencapaian SAKIB dan RB Babel tahun 2021, seperti yang disampaikan Bapak Wagub, dapat terwujud," tegas sekda.

Sekda Naziarto juga berharap, Kepala PD memiliki kesepahaman yang sama. Oleh karena itu, dirinya berharap Coaching Clinic ini dapat digunakan untuk saling belajar dan saling mengisi satu sama lain, sehingga dapat menambah pengetahuan dan pengalaman demi suksesnya kinerja masing masing PD dalam hal SAKIP dan RB. 

Selain Sekda, turut hadir dalam pembukaan Coaching Clinic adalah Kepala Biro Organisasi Setda Babel, Ellyana, serta seluruh Kepala PD di lingkungan Pemprov. Babel.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Fajar
Editor: 
Dini