Wagub Buka Kegiatan Diskusi Publik Perlindungan Anak

PANGKALPINANG -  Wakil Gubenur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah,  membukakegiatan diskusi publik mengenai perlindungan anak khususnya perlindungan anak di Bangka Belitung yang diinisasi oleh Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Bangka Belitung di Grand Vella Hotel, Selasa (23/04)

Dalam sambutannya, Wagub menyampaikan perlindungan dan pemenuhan hak dasar anak mutlak harus terpenuhi oleh setiap anak yang dimulai dari awal  kelangsungan hidup hingga proses tumbuh kembang anak.

“Pemenuhan perlindungan anak harus dipersiapan sejak dini mungkin dan secara optimal dimulai dari awal kehidupan anak dan perlindungan yang mencakup bagaimana mencegah dan mengakhiri tindak kekerasan dan eksploitasi serta penelantaran yang terjadi pada anak,” ungkap Wagub.

Mutlaknya perlindungan dan pemenuhan hak –hak dasar anak dijelaskan tidak terlepas dari upaya mempersiapkan masa depan anak sebagai  generasi penerus yang sehat, berpendidikan dan mampu dalam menghadapi tantangan ke depan dan sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang RI No. 10 Tahun 2012 tentang Konvensi Hak Anak.

Dalam kesempatan tersebut Wagub juga menyoroti sejumlah persoalan perlindungan dan pemenuhan hak dasar anak yang terjadi di Babel yang harus dituntaskan dan ditangani secara bersama-sama seperti persoalan stunting, pernikahan anak di bawah umur dan tindak kekerasan dan masalah bonus demografi.

 Wagub juga menjabarkan mengenai upaya pemerintah bersama  stakeholder dalam pencegahan persoalan anak seperti halnya masalah pernikahan anak di bawah umur dan pencegahan stunting..

Seperti program bimbingan pra nikah bagi pasangan muda yang merupakan kerja sama dengan Kanwil Kemenag Babel

Program-program sinergitas tersebut dijelaskan Wagub sangatlah dibutuhkan baik dalam upaya pencegahan maupun dalam upaya penanggulangan persoalan anak yang telah terjadi seperti stunting.

“ tidak saja hanya Kementerian Agama, sinergitas antar lembaga juga sangat dibutuhkan untuk mencegah dan menanggulangi persoalan yang terjadi seperti halnya dengan BKKBN, Dinas Kesehatan, KPAI dan lembaga lainnya,"tutur Wagub.

Hadir pada kegiatan diskusi siang itu Ketua KPAI Pusat Susanto dan perwakilan lembaga struktural serta media massa. Selain kegiatan diskusi, acara siang itu juga dilakukan penyerahan penghargaan perlindungan anak dari KPAI kepada pemerintah provinsi dan sejumlah lembaga.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Stevani
Fotografer: 
Stevani
Editor: 
Fitra