Wagub Ingatkan Kembali Tiga Sektor Unggulan Babel Saat Buka Bersama

Tanjung Pandan - Buka Bersama menjadi momentum membangkitkan semangat masyarakat Desa Dukong, Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung dalam membangun Provinsi Bangka Belitung. Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fattah mengingatkan masyarakat untuk terus berupaya bersama-sama membangun Bangka Belitung.

Ia mengatakan, ada tiga sektor unggulan arah pembangunan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung. Ketiga sektor ini antara lain sektor pariwisata, sektor kelautan dan perikanan, serta sektor perkebunan. Ketiga sektor ini terus dikembangkan untuk memajukan perekonomian Bangka Belitung.

" Ada tiga sektor unggulan arah pembangunan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung, yakni sektor pariwisata, sektor kelautan dan perikanan, serta sektor perkebunan. Ketiga sektor ini terus dikembangkan untuk memajukan perekonomian Bangka Belitung, " jelasnya saat Safari Ramadhan di Masjid Al Jannah Desa Dukong, Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Jumat (17/5/2019).

Wagub menjelaskan dalam mengembangkan sektor pariwisata, Pemerintah Provinsi Bangka Belitung telah membuat daerah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Tanjung Kelayang. Daerah pantai menjadi prioritas utama untuk dijadikan wisata nasional di Bangka Belitung. Selain pantai, Wagub menambahkan, Pemerintah Provinsi Bangka Belitung juga sedang mengembangkan geopark di Kabupaten Belitung sebagai wisata nasional Indonesia. Untuk itu, Ia berharap masyarakat Bangka Belitung jangan hanya berdiam diri. Tetapi harus berusaha mengangkat derajat geopark nasional ini menjadi geopark internasional.

" Bulan Juni nanti akan ada tim dari UNESCO untuk menilai apakah geopark di Belitung ini pantas atau tidak dijadikan geopark internasional. Ini menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama, " tegasnya.

Di sektor kelautan dan perikanan, Wagub mengimbau agar seluruh masyarakat Bangka Belitung tetap menjaga komunikasi. Akses antar masyarakat di kota dengan masyarakat di desa dan pulau-pulau kecil harus dijaga. Hingga saat ini, Ia mengatakan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung telah memberikan berbagai bantuan seperti kapal ikan untuk membantu masyarakat meningkatkan perekonomian di bidang kelautan. Begitu juga disektor perkebunan, komoditi ekspor menjadi prioritas utama. Ia mencontohkan, seperti lada, Pemerintah Provinsi Bangka Belitung terus berupaya mengembangkan produksi lada di Bangka Belitung, termasuk menyediakan bibit-bibit unggul.

" Jangan lagi kita memprioritaskan sektor pertambangan sebagai mata pencaharian utama. Kembangkan lah ketiga sektor tadi, mudah-mudahan ekonomi kita akan meningkat, " imbuhnya.

Seperti biasanya sejumlah bantuan disalurkan saat Safari Ramadan. Kali ini bantuan yang diberikan di antaranya, enam gulung sajadah, satu unit vakum cleaner, satu perangkat alat pengeras suara, satu unit kipas angin serta perlengkapan sekolah bagi anak yatim dan miskin. Selain itu, terdapat juga santunan berupa uang tunai.

" Bantuan yang diberikan ini diharapkan dapat menjadi berkah untuk Masjid dan Masyarakat Desa Dukong ini, " kata Wagub.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Suci Lestari
Fotografer: 
Suci Lestari
Editor: 
Fitra