Wagub Langsung Turun Lihat Korban Angin Puting Beliung

Bangka – Hidayat Arsani Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung langsung turun melihat korban bencana angin puting beliung di Dusun Sumbawa, Pemali, Kabupaten Bangka, Jumat (20/5/2016). Pemerintah provinsi sudah melakukan koordinasi dengan pemerintah Kabupaten Bangka untuk segera menangani persoalan yang diakibatkan musibah kali ini.

"Bersyukur tidak ada korban jiwa. Saya berjanji akan ada action segera tanpa menunggu-nunggu. Sekda Bangka juga sudah juga berjanji untuk menyelesaikan persoalan ini dengan berkoordinasi ke seluruh pihak seperti Dinas Sosial, Badan Penanggulangan Bencana dan pihak lainnya,” tegas Wagub.

Diperkirakan sekitar pukul 14.00 WIB, Kamis (19/5/2016) bencana angin puting beliung menerjang Dusun Sumbawa Pemali, Kabupaten Bangka. Isnanto Kepala Desa Pemali menjelaskan, sebanyak 52 unit rumah warga rusak dihantam terjangan angin puting beliung. Akibat kejadian tersebut terdapat kerugian sekitar Rp70 juta.

"Awal mula hujan panas dan petir yang menyambar. Tidak lama kemudian terjadilah angin puting beliung yang berdurasi sekitar satu menit," paparnya.

Korban bencana kejadian menyikapi positif gerak cepat pemerintah provinsi, Pemerintah Kabupaten Bangka bersama pihak swasta mengatasi kejadian ini. Ia mengatakan, sejumlah bantuan langsung turun. Untuk melakukan perbaikan rumah warga diperkirakan membutuhkan 700 keping asbes.

Sementara Tarmizi Saat Bupati Bangka mengharapkan warga mempunyai kesiapan dan kesigapan dalam menghadapi bencana alam. Warga diharapkan berhati-hati, apalagi berada di sekitar wilayah tambang atau daerah lintasan petir seperti daerah Tutut dan Pemali. Daerah ini agak rawan terjadi bencana angin puting beliung, namun dampak akibat bencana ini harus diperbaikan segera.

"Pemerintah daerah, pemerintah desa dan masyarakat sepakat saling tolong menolong. Semoga warga yang terkena bencana dapat bersabar menghadapi bencana alam ini," tutupnya.

Sumber: 
Diskominfo Babel
Penulis: 
Fajrina Andini
Fotografer: 
Suci Lestari
Editor: 
Huzari | Adi Tri Saputra