Wagub: Maksimalkan Upaya Menjaga Hutan

Pangkalpinang - Rustam Effendi, Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung menegaskan agar semua elemen dapat semaksimal mungkin menjaga kelestarian hutan. Salah satu upaya untuk menjaga kelestarian hutan tersebut, dengan melakukan kegiatan reboisasi. Adanya langkah-langkah melakukan reboisasi, diharapkan ke depan kawasan hutan hijau kembali.

"Bangka Belitung merupakan daerah pertambangan. Untuk itu, menjaga kelestarian hutan harus terus dilakukan," tegas Wagub saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (18/3/2013).

Pada kesempatan yang sama, Andri Wahyono Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjelaskan, kondisi real kawasan hutan di Bangka Belitung ada sekitar 39 persen. Namun telah terjadi pengurangan sekitar 1,5 persen dari angka tersebut. Berdasarkan data tahun 2010, secara teknis wilayah hutan di Daerah Aliran Sungai (DAS) mengalami kekritisan 7 hingga 15 persen dari 659.000 ribu hektare.

Seperti diketahui, kata Andri, Desember 2009 lalu bupati melalui gubernur telah menyampaikan usulan perubahan status hutan, namun revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) itu belum terselesaikan. "Ada sekitar 50 lokasi kerusakan hutan yang belum terselesaikan, dan ini fatal jika tidak diproses. Sebab akan menimbulkan konflik sosial jika tidak terselesakan," ungkapnya.

Untuk menjaga kelestarian hutan, Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah melakukan teknik pendekatan dengan masyarakat. Dalam rangka peringatan ke 30 Hari Bhakti Rimbawan 2013, jelas Andri, Menteri Kehutanan RI menginstruksikan kepada seluruh Dinas Kehutanan di Indonesia untuk melakukan dua hal. Pertama, melaksanakan upacara bendera, dan yang kedua melakukan penanaman pohon.

Menindaklanjuti instruksi itu, Senin 18 Maret pagi, PNS di lingkungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah menggelar upacara bendera. Sedangkan untuk instruksi kedua, telah ditanam 150 pohon tanjung yang dilakukan, Jumat 15 Maret 2013 lalu di seputaran kantor DPRD Bangka Belitung.

"Kedua instruksi dari Menteri Kehutanan telah dilaksanakan," ujarnya.(ami)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Evani