Wagub Minta Semua Elemen Kawal Pemilu

Pangkalpinang - Sejak terbentuknya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, setidaknya sudah dua kali digelar pesta demokrasi pemilu legislatif, dan beberapa kali pemilihan kepala daerah. Sejumlah pelaksanaan momen besar tersebut berhasil sukses dan aman.

Rustam Effendi, Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung optimis pelaksanaan pemilu legislatif tahun depan, lalu diikuti pelaksanaan pemilihan presiden di tahun berikutnya akan berjalan aman. Namun semua keinginan tersebut dapat tercapai jika ada dukungan dari semua elemen yang ada di Bangka Belitung.

Sistem pemilu yang ada saat ini belum bisa menjamin pelaksanaan pemilu dapat berjalan lancar dan aman. Ia menambahkan, partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan. Tak hanya dalam hal demokrasi, sebab keterlibatan masyarakat dalam proses pemerintahan juga menjadi hal penting. Dengan begitu pemerintah dapat memaksimalkan pelayanan dengan biaya murah.

"Kita sudah mempunyai pengalaman melaksanakan pemilihan umum dengan aman dan sukses. Itu semua berkat kerja keras semua elemen. Jadi masing-masing elemen menjalankan fungsi dan tugasnya," jelas Wagub saat acara Focus Group Discusion (FGD) antara berbagai elemen masyarakat Bangka Belitung dengan Lemhanas RI, di Auditorium, lantai 3 kantor gubernur, Rabu (29/5/2013).

Dijadwalkan selama dua hari tim dari Deputi Bidang Pengkajian Strategik Lemhanas RI, Direktorat Pengkajian Politik melakukan kunjungan ke Bangka Belitung. Kunjungan ini dalam rangka penguatan demokrasi dan tata kelola pemerintah guna meningkatkan kapasitas kepemimpinan dalam rangka ketahanan nasional.

Bangka Belitung menjadi salah satu daerah tujuan pelaksanaan kegiatan ini, pasalnya Lemhanas menilai daerah Serumpun Sebalai ini sudah cukup baik dalam menjalankan proses pemerintahan dan demokrasi. Salah satu contohnya, dengan terpilihnya Eko Maulana Ali, sebagai Gubernur Kepulauan Bangka Belitung selama dua periode dengan aman dan lancar.

Laksda TNI Ir Leonardi, Tenaga Ahli Lemhanas RI mengatakan, tujuan kedatangan rombongan Lemhanas untuk menyerap aspirasi masyarakat mengenai pelaksanaan demokrasi, tata kelola pemerintahan dan kepemimpinan. Dengan adanya masukan aspirasi dari masyatakat, selanjutnya dapat diformulasikan secara konseptual. Sehingga sudah ada konsep yang baik ketika menghadapi pemilu legislatif di tahun 2014 nanti.

"Semua pihak, elemen sangat diharapkan untuk menyukseskan pemilu dan proses pembangunan. Pencapaian ini akan terwujud dengan adanya pemimpin yang mampu melayani masyarakat," ujarnya.

Ketegasan pemimpin sangat dibutuhkan, terutama mengenai kepastian hukum. Selain itu, jelasnya, pemimpin daerah harus mampu menjaga kolerasi di masyarakat. Pembinaan hubungan antara daerah dengan pusat sangat penting, namun tak kalah penting pemimpin harus dapat membina hubungan antara daerah. Hubungan daerah yang baik dapat berdampak positif terhadap kokohnya pondasi ekonomi.

"Tingkatkan rasa kebangsaan, sebab ini menjadi modal untuk menegakkan keutuhan NKRI," tegasnya.(hzr/adit)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari | Adit Tri Saputra
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Huzari