Wagub Minta Warga Jaga Kelestarian Pesisir

Pangkalpinang – Hidayat Arsani Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengajak masyarakat agar menjaga kelestarian lingkungan pesisir pantai. Pemanasan global dan perubahan iklim menjadi perhatian dunia, oleh sebab itu perlu ada komitmen seluruh komponen masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk bersama-sama mengatasi permasalahan ini.

“Mengingat dampak yang timbul dari perubahan iklim, pemerintah daerah bersama masyarakat dan organisasi berupaya menggalakan kegiatan mengembangkan masyarakat pesisir, sekaligus melestarikan dan menanam pohon bakau,” kata Wagub saat memberikan sambutan pada acara “Penanaman Pohon Mangrove” dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional di Pantai Tapak Antu, Batu Belubang, Kabupaten Bangka Tengah, Senin (9/2/2015).

Wagub secara langsung turun melakukan penanaman bakau (mangrove), di kawasan Pesisir Pantai Tapak Antu. Langkah ini dilakukan guna menjaga kelestarian lingkungan dan kelangsungan hidup masyarakat, khususnya masyarakat pesisir. Diharapkan melalui konservasi tanah, air serta melakukan reboisasi dan penghijauan dapat membantu penyelamatan lingkungan.

“Penanaman pohon ini merupakan kegiatan berdampak positif bagi masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” tegasnya.

Penanaman pohon perlu digalakkan, karena pohon diyakini mampu menyerap kadar CO2 dalam atmosfer. Ia berharap agar seluruh lapisan masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, khususnya masyarakat pesisir untuk selalu berupaya menanam pohon agar terjaganya keseimbangan antara alam dengan manusia, dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tak hanya itu. Menurutnya, selain dapat menjaga kelestarian lingkungan, hutan bakau juga dapat dikembangkan menjadi potensi wisata pesisir. Sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dan menjadi suatu ikon budaya untuk menunjang pengembangan pariwisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Pelihara secara rutin dan dijaga pohon yang sudah ditanam ini, agar tidak mati atau rusak. Sehingga apa yang ditanam hari ini membawa dampak baik dan menjadi contoh bagi generasi mendatang,“ harapnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Suci Lestari
Fotografer: 
Fajrina
Editor: 
Huzari