Wagub: Optimalisasi Dana Desa Tangani Stunting

PANGKALPINANG - Stunting merupakan masalah kurang gizi kronis pada anak. Saat ini persoalan stunting perlu mendapatkan perhatian bersama. Hal ini disampaikan oleh Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung,  Abdul Fatah saat memimpin rapat Para Stakeholder Dalam Upaya dan Pencegahan Stunting di Babel hari ini Selasa (7/5) di Ruang Rapat Wakil Gubernur Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
 
" Point pentingnya analisis kebutuhan intervensi pada anak yg menderita stunting untuk mengetahui penanganan yang tepat serta sumber dananya," ujarnya
 
Terkait hal tersebut Yuliswan selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Desa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyampaikan bahwa dana desa dapat dimanfaatkan untuk pencegahan dan penanganan stunting.
 
" Saat ini dana desa juga di fokuskan untuk penanganan stunting. Kami telah berkoordinasi dengan 69 Kepala Desa di Babel. Beberapa desa telah mengalokasikan dananya, tetapi masih masih tetap perlu sosialisasi untuk meningkatkan komitmen mereka dalam mengintervensi stunting di desanya," tegasnya
 
Selanjutnya beliau menyampaikan bahwa penanganan stunting ini tidak hanya menjadi fokus Dinas Kesehatan tetapi perlu intervensi lintas sektor. Oleh karena itu di perlukan analisis kebutuhan intervensi terhadap anak penderita stunting.
 
Hal yang sama disampaikan oleh Mulyono Kepala Dinas Kesehatan bahwa penanganan stunting melalui asupan gizi akan disesuaikan dengan kondisi penderita. Karena beberapa kasus di desa ditemukan bahwa dana desa hanya dianggarkan untuk pemberian susu kepada penderita." Dinas Kesehatan telah menyediakan standard menu untuk makanan pendamping bagi stunnting di Babel," ujarnya.
 
Adapun hasil rapat ini meliputi rencana aksi dinas terkait ke 7 kab/ kota untuk memperoleh data analisis spesifik kebutuhan intervensi pada penderita stunting di Babel. Rencana aksi ini nantinya akan melibatkan dan berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat.
 
Hadir pada rapat ini perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Desa,  Dinas Kesehatan,  Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah dan Badan Keuangan Daerah Prov. Babel
 
 
Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Imeldarina Ginting
Fotografer: 
Imeldarina Ginting
Editor: 
Fitra