Wagub Serahkan Remisi Kepada 274 Narapidana

Pangkalpinang -- Sebanyak 274 narapidana yang menghuni Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) Kelas IIA Tuatunu  Pangkalpinang menerima remisi umum (RU) dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan ke-69 Republik Indonesia tahun 2014 ini. Sepuluh diantaranya akan langsung bebas.

Penyerahan remisi umum ini dilakukan secara simbolis oleh Wakil Gubernur Kep Bangka Belitung Hidayat Arsani kepada Sepuluh orang napi binaan Lapas Tuatunu Pangkalpinang yang menerima remisi umum 2, yaitu remisi bebas, di Aula Lapas Tuatunu Pangkalpinang, Minggu (17/08/14).

Dalam kesempatan itu, Wagub Kep. Bangka Belitung Hidayat Arsani membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin, bahwa rasa syukur dalam memperingati hari kemerdekaan ini tentunya menjadi milik segenap lapisan masyarakat, khususnya warga binaan pemasyarakatan. Sebab pada hari yang sama, pemerintah memberikan apresiasi berupa pengurangan masa menjalani pidana atau remisi bagi mereka yang telah menunjukkan prestasi, dedikasi, dan disiplin yang tinggi dalam mengikuti program pembinaan.

“Serta telah memenuhi syarat yang ditentukan, sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan dan Keputusan Presiden Nomor 174 Tahun 1999 tentang Remisi,” ungkapnya.

Kepada napi yang menerima remisi bebas, Hidayat mengucapkan selamat dan berharap agar bisa menjalankan kehidupan ini dengan lebih baik, bertanggung jawab, dan  berperan aktif dalam pembangunan di masyarakat.

Lebih jauh ia mengatakan bahwan Remisi merupakan instrumen yang dapat mendorong narapidana untuk berperilaku baik selama menjalani pidana. Karena, remisi hanya akan diberikan kepada narapidana yang berkelakuan baik.

Sementara itu, Kakanwil Kementrian Hukum dan HAM Bangka Belitung, Rachmat Prio Sutardjo, mengatakan bahwa pemberian remisi ini adalah bentuk penghargaan Negara kepada warga binaan pemasyarakatan yang berkelakuan baik selama menjalani pidananya. Melalui pemberian remisi ini diharapkan memberikan kesadaran kepada kita semua, khususnya kepada seluruh warga binaan pemasyarakatan agar selalu patuh dan taat pada hukum/norma yang ada karena sesungguhnya kita mempunyai tanggung jawab baik kepada Tuhan maha pencipta maupun kepada sesama manusia

"Pemberian remisi merupakan upaya yang dilakukan oleh Kemenhumham dalam mewujudkan pemenuhan hak para napi binaan. Remisi diberikan kepada napi yang telah memenuhi syarat, seperti telah menjalankan hukuman minimal 6 bulan, disiplin, dan berkelakuan baik", jelasnya. 

Selanjutnya, Rachmat mengatakan dari total penghuni LP di Babel sebanyak 1754 orang, sebanyak 747 orang dinyatakan mendapat remisi. Dengan rincian 725 napi mendapat remisi kategori RU-1 (Remisi Umum-1, napi setelah mendapat remisi masih menjalani sisa masa tahanan) dan 22 orang napi mendapat remisi kategori RU-2 (langsung bebas karena masa hukuman langsung habis dikurangi remisi).

Acara pemberian remisi ini dihadiri oleh Walikota Pangkapinang, Wawako Pangkalpinang, unsur Muspida, Kepala SKPD Pemprov Babel, dan Kepala SKPD Pemkot Pangkalpinang. (Sc/fa)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Fajrina | Suci Lestari
Fotografer: 
Suci Lestari
Editor: 
Fajrina