Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Menggelar Pertemuan Dengan PLN

Air Anyer , Kabupaten Bangka  --  Wakil gubernur kepulauan Bangka belitung, Hidayat Arsani hari ini, rabu  14/05  dengan mengundang pihak jajaran media lokal maupun nasional guna mengikuti pertemuan terbuka atau sharing session dengan pihak jajaran PLN.  Pertemuan terbuka antara pemerintah provinsi dengan  pihak PLN tersebut dilaksanakan di lokasi pembangunan PLTU ( Pembangkit listrik Tenaga Uap)  Air Anyer, kabupaten Bangka.  

Kedatangan wagub dan jajaran media diterima secara langsung oleh general manager PLN wilayah Bangka belitung, Ida Bagus Ary Wardhana beserta dengan jajarannya.   Pertemuan yang diprakasai oleh pemerintah provinsi tersebut dimaksudkan dalam rangka untuk menjaring informasi terkait penyelesaian permasalah kelistrikan yang terjadi di Bangka Belitung  guna mengentaskan persoalan ketersediaan listrik di daerah,  tegas wagub saat membuka sharing session dengan jajaran PLN.

Sharing session dibuka oleh wagub yang diawali dengan menjelaskan maksud kedatangan dan pertemuan yang digelar hari ini. “ kendatangan kami kesini sebenarnya bapak-bapak guna mendengar apa sebenarnya kendala-kendalnya yang dihadapi PLN dan mungkin pemerintah bisa bantu demi memberikan solusi yang positif, untuk itu saya ingin bertanya kepada pihak PLN mengenai kondisi pelaksanaan penyediaan ketersedian listrik khususnya PLTU ini, karna PLN inikan  merupakan jantung dari pemerintah kita ,maka itu kedatangan kami kesini untuk melihat apa kendalanya dan bisa kami bantu, tegas wagub diawal pertemuan.

Usai penyampaian maksud dan tujuan pertemuan, sharing session dilanjutkan dengan mendengarkan paparan terkait progess kondisi pelaksanaan proyek pembangunan PLTU 3 air anyer dengan kapasitas daya 2x30 mw dan PLTU 4 di Belitung , kondisi ketersediaan bahan bakar dan teknis rencana operasi PLTU 3 air anyer.  Adapun penyampaian terkait progress pelaksanaan proyek pembangunan PLTU 3 air anyer disampaikan oleh manager UIP Kitsum 8  PLN,  Harya Sidharta selaku pelaksana proyek pembangunan PLTU 3 air anyer.

Dalam sharing session tersebut, general manager PLN wilayah PLN Ida Bagus Ary Wardhana juga memaparkan mengenai progress dan kondisi pembangunan dan operasi PLTU yang ada diwilayah unit Bangka dan unit Belitung serta rencana penyediaann unit pembangunan pembangkit listrik lain serta faktor penyebab terjadinya byar pet.

“ tapi disisi lain selain sebetulnya PLTU ini adalah salah satu dari pembangkit yang ada di Babel yang kita harapkan bisa membantu, tapi ada beberapa pembangunan pembangkit tenaga listrik lain dalam proses pembangunan selain PLTD, akhir tahun ini PLTU 3 air anyir  unit 1 anyir ini bisa beroperasi maksimal,didukung juga dengan PLTU sewa juga akan masuk, kami juga ada rencana membangun PLTNG kerjasama dengan Batan dengan kapasitas  20 mega” ungkap  Ida Bagus Ary Wardhana.

“ untuk di belitung masih PLTD, namun pemandaman yang terjadi dibelitung kami sampaikan pak dipengaruhi oleh keterbatasan bahan bakar  , sedangkan untuk kondisi di Bangka memang selain karna adanya kemunduran operasi PLTU air anyer ini dan saat ini kami mengejar proses penyelesaian akhir tahun 2014 ini dan  juga diikuti dengan beban yang tinggi ini memang menjadi penyebabnya, tapi untuk jangka pendeknya guna mengatasi kekurangan listrik khususnya di wilayah bangka kami mengambil langkah jangka pendeknya dengan penyedian listrik system sewa kapasitas 20 MW”  ungkap Ida Bagus Ary Wardhana.

Usai acara sharing sessin pertemuan  siang itu dilanjutkan dengan meninjau langsung lokasi pembangunan PLTU Air Anyer. (eff/sm/put)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Stevani
Fotografer: 
Stevani
Editor: 
Stevani