Wakil Gubernur Sampaikan Bantuan kepada Sejumlah KUBE di Kabupaten Bangka Barat

Kelapa - Dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat perdesaan guna meningkatkan pendapatan dan akses ekonomi masyarakat perdesaan, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Dinas Kesejahteraan Sosial hari ini Selasa, 28/08 menyelenggarakan kegiatan penanggulangan kemiskinan perdesaan yang diikuti oleh warga Desa Penyamak Kelapa, Bangka Barat.

Adapun rangkaian acara dari kegiatan siang tersebut diantaranya meliputi bimbingan teknis, pemberian bantuan kepada sejumlah KUBE (kelompok usaha bersama).  Hadir dalam acara siang itu Wakil Gubernur, Hidayat Arsani juga turut dihadiri oleh Bupati Bangka Bangka Barat H. Zuhri M Syazali dan sejumlah pimpinan SKPD lingkungan Pemprov dan Pemkab Bangka Barat.  Dalam kesempatan ini, Wakil Gubernur berkesempatan menyerahkan bantuan dana sebesar Rp.20 juta kepada KUBE Kayon, Bina Harapan dan Rumba Bergema.

 

Sementara itu Bupati Bangka Barat H. Zuhri M Syazali dalam sambutannya berharap kepada warga penerima bantuan KUBE agar dapat memanfaatkan bantuan yang diberikan sebaik-baiknya dan berhasil khusunya dalam mendorong peningkatan pendapatan ekonomi warga.

“ harapan saya sangat besar sekali ya, khususnya kepada masyarakat penerima bantuan KUBE ini  ya manfaatkan bantuan ini sebaik-baiknya sesuai dengan aturan yang ada dan berhasil, tentunya juga manfaat dari  kegiatan ini sangat besar sekali ya khususnya dalam upaya meningkatkan pendapatan masyarakat ya” demikian ditegaskan bupati.

Selain program pemberian bantuan, bupati juga menyebutkan beberapa upaya yang dilakukan pemkab Bangka Barat dalam upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat perdesaan diantaranya melalui optimalisasi sektor ekonomi kerakyatan mencakup optimalisasi sektor pertanian, perkebunan,sektor UMKM, sektor perikanan dan optimalisasi sektor pariwisata dan sektor pertambangan.

“ yang tentunya upaya yang kami lakukan dalam upaya penanggulangan kemiskinan diperdesaan diantaranya optimalisasi sektor ekonomi kerakyatan seperti menggalakan optimalisasi di sektor pertanian, UMKM, pertambangan dan sektor perikanan, salah satu langkah optimalisasi yang kami lakukan di sektor pertanian yang tengah kami lakukan diantaranya kami menggalakan kegiatan penyuluhan disektor pertanian dalam rangka menumbuhkan minat masyarakat dalam mengelola usaha di sektor pertanian, tegas bupati.

 

Senada dengan Bupati, Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Hidayat Arsani dalam sambutannya juga berharap agar warga yang tergabung dalam kelompok usaha bersama (KUBE) dapat memanfaatkan secara optimal bantuan yang diberikan guna meningkatkan pendapatan masyarakat.(mels&sm)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Imelda Ginting | Stevani Marpaung
Fotografer: 
Stevani
Editor: 
Imelda Ginting