Wakil Rakyat Belitung Pelajari Penyelenggaraan Kearsipan dan Perpustakaan Pemprov Babel

PANGKALPINANG – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (DKPUS Babel) “kebanjiran” tamu dari anggota DPRD kabupaten. Jika bulan Juli 2020 lalu, DPRD Belitung Timur bertandang ke DKPUS Babel, untuk kali ini, giliran Wakil Rakyat Kabupaten Belitung.

Kehadiran sembilan Wakil Rakyat Belitung ke DKPUS Babel beralamat di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pangkalpinang, Rabu (5/8/20) pagi, diterima langsung Kepala DKPUS Babel, Dr. Asyraf Suryadin bersama pejabat administrator (eselon III) DKPUS Babel.

Di hadapan Kepala DKPUS Babel, Ketua DPRD Belitung yang memimpin rombongan mengatakan, Komisi 1 DPRD Kabupaten Belitung  sebagai mitra dari dinas kearsipan dan perpustakaan perlu melakukan sharing ke kantor DKPUS Babel.

Tujuan mereka mengunjungi DKPUS Babel tidak lain untuk mengetahui sekaligus mempelajari penyelenggaraan kearsipan dan perpustakaan di Pemprov. Babel saat ini, sebagai pendorong kemajuan penyelenggaraan kearsipan dan perpustakaan di Kabupaten Belitung.

Kepala DKPUS Asyraf Suryadin berharap apa yang didapat dari DKPUS Babel ini, juga bisa diterapkan di DKPUS Kabupaten Belitung.

Kepala DKPUS Babel, Asyraf Suryadin mengaku tersanjung atas pilihan kunjungan Anggota DPRD Belitung ke DKPUS Babel.

Dalam penjelasannya, berkenaan dengan kearsipan dan perpustakaan ini, atas inisiatif DPRD Provinsi Kepulauan Babel sekarang, DKPUS Babel saat ini, telah mempunyai peratuan daerah dan peraturan gubernur sebagai pedoman penyelenggaraan kearsipan dan perpustakaan.

Kepada rombongan Komisi I DPRD Belitung, Kepala DKPUS Asyraf menyebutkan, DKPUS Babel memiliki beberapa program terkait kearsipan dan perpustakaan, antara lain melakukan pembinaan kepada arsiparis yang ada di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov Babel, dan ormas-ormas  bekerja sama dengan DKPUS yang ada di Babel.

Disamping itu, DKPUS kerap mengikuti webinar program penyelamatan arsip Covid-19 dari ANRI setiap bulannya, dalam rangka menambah wawasan terkait arsip Covid-19.

Penjelasan itu berkenaan dengan pertanyaan sejumlah anggota komisi 1 bagaimana DKPUS Babel menyikapi fungsional arsiparis yang masih sedikit dan aktif serta program arsip di masa pandemi sekarang.

Selain mendapatkan ilmu penyelenggaraan kearsipan dan perpustakaan Pemprov Babel, sebelum beranjak pulang, rombongan anggota DPRD Belitung juga mendapatkan Kartu Anggota Perpustakaan Provinsi Babel, serta mendapatkan cendera mata berupa plakat dan dua buah buku dengan judul "Membaca Menuju Surga" dan "Kayu Pelawan dan Madu Pahitnya” dari Kepala DKPUS Babel Asyraf Suryadin dan simbolis diterima Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Ansori.

Sumber: 
Dinas Kearsipan dan Perpustakaan
Penulis: 
Aliyah
Fotografer: 
Aliyah | Anita
Editor: 
Listya