Wamen Buka Diklat Implementasi Kurikulum 2013

Pangkalpinang (9/7), Di awal tahun ajaran 2013, Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan Diklat Implementasi Kurikulum 2013 mulai tanggal 9 sampai 14 Juli 2013. Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan, Prof. Dr. Ir. H. Musliar Kasim, MS hadir secara khusus untuk membuka diklat tersebut di Aula Gedung LPMP, Selasa (9/7).

Menurut Musliar Kasim, kurikulum baru tersebut dikerjakan secara intens dengan melibatkan para pakar dan pejabat yang terkait. Banyak hal yang menyebabkan adanya perubahan dalam menyusun kurikulum 2013.

Berdasarkan analisa, nilai mata pelajaran anak-anak Indonesia sangat rendah dibandingkan dengan pelajar lainnya di dunia internasional, terutama di kawasan Asia.

“Ada dua faktor yang menyebabkan nilai anak-anak Indonesia lebih rendah. Pertama, karena mata pelajaran tersebut belum diajarkan, dan yang kedua karena anak-anak kita hanya diajarkan hanya untuk mengingat bukan diajak untuk berpikir,” tambah Musliar Kasim.

Dirinya berharap, kurikulum 2013 dapat menghasilkan generasi yang mempunyai kompetensi masa depan, melalui kemampuan berimbang antara hard skill dan soft skill.

Musliar Kasim mengatakan, di dalam kurikulum 2013, anak-anak tidak hanya diajarkan tentang pengetahuan atau kognitif, tapi juga tentang keterampilan. “Dalam kurikulum 2013, kita ingin menghasilkan anak yang seimbang antara pengetahuan dan soft skill. Kunci dari kurikulum 2013 setiap anak yg lulus dalam setiap jenjang harus mempunyai 3 kompetensi, yaitu kompetensi pengetahuan, kompetensi keterampilan dan kompetensi sikap,” kata dia.

Dari 1600 sekolah yang ada di Bangka Belitung, beberapa diantaranya dijadikan sasaran sekaligus telah terakomodir untuk melaksanakan kurikulum 2013. Yakni, tingkat Sekolah Dasar sebanyak 36 sekolah, SMP dengan 22 sekolah, 13 SMA dan 9 SMK.

Selain Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Bellitung Imam Mardi Nugroho, kegiatan pembukaan diklat juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Babel Drs. Rivai, Kepala LPMP Bangka Belitung Yaswardi, Rektor Universitas Bangka Belitung Prof. Dr. Bustami Rahman, MSc, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kota se Bangka Belitung serta Guru inti se-Babel.

(rizky/triady, Foto: Syahrial )

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Triadi | Ismail
Fotografer: 
Rizky
Editor: 
Rizky