Warga Antusias Saksikan Pawai Karnaval

Pangkalpinang - Ribuan masyarakat tampak antusias menyaksikan pawai pembangunan. Hal itu terlihat dari banyaknya warga yang memadati jalan di seputaran Kota Pangkalpinang untuk menonton pawai karnaval, parade drumband, dan sepeda hias, Kamis (21/08). 

Para peserta pawai karnaval, parade drumband, dan sepeda hias dilepas secara langsung oleh Wakil Gubernur Kep. Bangka Belitung Hidayat Arsani di panggung kehormatan di depan rumah dinas wagub. Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Hidayat Arsani mendapat kesempatan pertama untuk menerima penghormatan dari para peserta pawai.

Fadli, S.IP selaku koordinator tim panitia pawai dan karnaval mengatakan bahwa selain animo peserta yang meningkat, animo masyarakat untuk menonton pawai karnaval untuk memeriahan HUT RI cukup tinggi. Hal itu dapat terlihat dari banyaknya warga masyarakat yang memadati jalan-jalan yang dilalui peserta pawai HUT RI ini sejak dimulai dari kemarin.

Lebih jauh lagi ia mengatakan bahwa pawai karnaval ini merupakan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan untuk memeriahkan HUT Proklamasi Kemerdekanan RI ke 69, dan sebagai ajang untuk menunjukan kreativitas peserta. Kita akan menilai kreativitas dari para peserta untuk menentukan pemenang pawai karnaval ini.

"Pawai Karnaval, Parade Drumband, sepeda hias ini merupakan salah satu dari tiga rangkaian kegiatan pawai pembangunan yang dilaksanakan dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-69", jelasnya.

Pawai karnaval, parade drumband, dan sepeda hias diikuti sebanyak 185 peserta yang terdiri dari 15 pasukan kehormatan, 134 peserta untuk karnaval, 8 peserta drumband senior, dan 28 peserta sepeda hias dari SD-SMA dan umum. 

Pawai karnaval ini, diawali dengan penampilan peserta pasukan kehormatan drum band sepintu sedulang, diikuti pasukan pembawa bendera dari smk n 2 pangkalpinang, pasukan paskibra kota pangkalpinang dan drum band MI negeri 2 parit lalang kota pangkalpinang yang merupakan drum band berprestasi tingkat nasional.

Pada Pawai karnaval hari kedua ini, peserta akan mulai Start di Alun-alun Taman Merdeka, melewati Jalan sudirman ke arah depan Rumah Dinas Wagub (depan Pujako), masuk Jalan A Yani, Jalan Solihin GP, Kampung Bintang, Perempatan Kantor Wali Kota (Praktek dr Ase), kembali ke Jalan Protokol Jalan Sudirman dan finis di eks Kantor Camat Tamansari Jalan Balai.

Dari pantauan babelprov.go.id dilapangan, pawai karnaval ini begitu meriah dan sangat menghibur warga yang menyaksikan. Para peserta pawai karnaval menyajikan kreativitas yang tinggi dengan mengangkat tema dan isu yang beragama. Dan tak jarang peserta pawai juga melakukan atraksi dan interaksi dengan warga yang menyaksikan, seperti penampilan drumband sepintu sedulang yang melakukan atraksi didepan panggung kehormatan.

Selain wakil gubernur, dipanggung kehormatan tampak hadir juga Kepala Kejati Babel, Perwakilan BPK Babel, Pejabat Polda Babel, Pejabat Pengadilan Tinggi Agama Babel serta Pejabat Eselon II Provinsi Bangka Belitung dan tamu undangan lainnya. (Rf/*an)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Rizky | Surianto
Fotografer: 
Rizky
Editor: 
Surianto